Ujian Nasional

Hari Ini Waktunya Siswa Lapor Diri Ikut Ujian Nasional Perbaikan

Pelaksanaan Ujian Nasional telah digelar pada April 2015 lalu. Namun, kini para peserta didik, bisa memperbaiki nilai UN yang masih kurang baik.

Hari Ini Waktunya Siswa Lapor Diri Ikut Ujian Nasional Perbaikan
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
ILUSTRASI - Hari pertama Ujian Nasional (UN) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 12, Jalan Kebon Bawang 15, Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengalami kendala, Senin (13/04), pagi. Devina Ramadanti (17), siswi jurusan Akuntansi mengaku panik komputer yang dipakainya mati tiba-tiba. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) telah digelar pada April 2015 lalu. Namun, kini para peserta didik, bisa memperbaiki nilai UN yang masih kurang baik, dengan mengikuti UN Perbaikan (UNP).

UNP diperuntukkan untuk para siswa SMA/SMK atau sederajat. Rencananya akan digelar pada 22 Februari 2016 sampai 2 Maret 2016.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto, mengatakan, UNP untuk siswa yang masih mempunyai nilai kurang dari 55.

Namun, untuk pendaftaran, sebenarnya sudah dibuka dari tanggal 28 September hingga 23 Oktober 2015.

"Karena itu, sekarang kami ingatkan kembali kepada para siswa peserta UNP, untuk melapor diri. Waktunya dibuka sejak sejak 9 Februari 2016 sampai 13 Februari 2016," kata Bowo ketika dihubungi Warta Kota, Senin (8/2/2016).

Menurut Bowo, UNP kali pertama diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat atau Kementerian Pendidikan pada tahun ini. Hal tersebut untuk membantu perbaikan nilai pada siswa.

"Jadi UNP ini bukan ujian susulan, melainkan perbaikan. Kalau ujian susulan, sudah dilakukan selang satu minggu, bagi siswa yang berhalangan hadir atau karena sakit dan hal yang dipertimbangkan," jelasnya.

Sementara, UNP digelar, untuk para siswa untuk memperbaiki nilainya yang mata ujian tertentu nilainya kurang baik. Perbaikan nilai untuk seluruh mata pelajaran.

"Karena dokumen ini (hasil nilai UN) akan menjadi dokumen seumur hidup. Akan ditunjukkan keluarganya, anak cucunya. Selain itu yang terpenting, digunakan untuk melamar pekerjaan atau kuliah, yang memang membutuhkan nilai cukup baik," katanya.

UNP sendiri akan dilaksanakan dengan menggunakan ujian berbasis komputer atau computer-based test (CBT).

Halaman
123
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved