Imlek 2016

Sambut Imlek, Penjual Ikan Bandeng Menjamur di Rawa Belong

Para penjual ikan bandeng mulai menjamur menjelang perayaan imlek. Puluhan pedagang musiman itu mulai menjajakan dagangannya di Pasar Rawa Belong.

Sambut Imlek, Penjual Ikan Bandeng Menjamur di Rawa Belong
Warta Kota/Andika Panduwinata
Para penjual ikan bandeng mulai menjamur menjelang perayaan imlek. Puluhan pedagang musiman itu mulai menjajakan dagangannya di Pasar Rawa Belong, Jakarta Barat, Kamis (4/2/2016). 

WARTA KOTA, KEBON JERUK - Para penjual ikan bandeng mulai menjamur menjelang perayaan imlek. Puluhan pedagang musiman itu mulai menjajakan dagangannya di Pasar Rawa Belong, Jakarta Barat.

Imas (49) satu dari penjual ikan bandeng di Rawa Belong mengungkapkan ia beserta rekan seprofesinya mulai berjualan pada H-4 perayaan imlek. Menurutnya hal tersebut sudah merupakan tradisi dari tahun ke tahun.

"Kami jualan 4 hari sebelum imlek, pada hari Imleknya juga masih dagang. Habis raya imlek atau H+1 sudah enggak jualan lagi," ujar Imas saat ditemui di Rawa Belong pada Kamis (4/2/2016).

Ibu berusia 49 tahun ini menjual ikan bandeng berkisar Rp 50.000 sampai Rp 100.000 per kilogramnya. Ikan yang dijualnya itu 1 ekor dapat mencapai 6 kilogram dan paling kecil 1,5 kilogram.

"Ngambil ikannya dari Muara Angke, Kali Baru, Kamal, Cilincing, Bekasi, malah ada juga yang dari Indramayu," ungkapnya.

Ia menuturkan dalam sehari dapat menyediakan ikan bandeng sekitar 100 kilogram untuk para pembeli. Imas menyatakan ikan yang dijualnya tersebut segar - segar tak memakai bahan pengawet.

Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Barat pun melakukan inspeksi mendadak pada Kamis (4/2/2016) di Pasar Rawa Belong ini. Mereka melakukan pengawasan pangan menjelang Hari Raya Imlek.

"Kami memeriksa beberapa sempel dari ikan bandeng yang didagangkan ini, hasilnya bebas formalin dan aman untuk dikonsumsi," kata Kasudin KPKP Jakarta Barat, Renova Ida Siahaan di Sentra Bandeng Rawa Belong pada Kamis (4/2/2016).

Renova menjelaskan giat ini bertujuan untuk menjamin keamanan pangan. Khususnya ikan bandeng yang marak dijual menjelang imlek.

"Jumlah pedagang ikan bandeng di Rawa Belong total ada 29 orang. Jumlah ikan bandeng yang dijual dari 29 pedagang ini mencapai 3.252 kilogram," tutur Renova.

Renova mengimbau kepada para pedagang agar menjual ikan dengan cara yang baik dan benar. Tidak usah menggunakan bahan pengawet seperti formalin serta ikan yang dijual harus yang masih segar.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help