Wow, Tiga Mahasiswi Indonesia Kibarkan Merah Putih di Aconcagua

Mahasiswi Indonesia yang tergabung pada Tim The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar berhasil mencapai puncak Gunung Aconcagua

Wow, Tiga Mahasiswi Indonesia Kibarkan Merah Putih di Aconcagua
nationalgeographic.co.id
Fransiska Dmitri Inkiriwang (22), Mathilda Dwi Lestari (22) dan Dian Indah Carolina (20) saat berlatih menapaki Gunung Sumbing, Temanggung, Jawa Tengah. 

WARTA KOTA, BANDUNG - Mahasiswi Indonesia yang tergabung pada Tim The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (WISSEMU) berhasil mencapai puncak tertinggi di Amerika Selatan, Gunung Aconcagua (6.962 mdpl).

"Kami sudah melakukan kontak melalui telepon satelit dengan tiga pendaki WISSEMU, mereka sukses mengibarkan bendera Merah Putih di Puncak Aconcagua," kata Tim Komunikasi WISSEMU Mahitala Unpar Alfon Hartanto di Bandung, Senin (1/2/2016).

Alfons menyatakan tim yang terdiri atas Fransiska Dmitri Inkiriwang (22), Mathilda Dwi Lestari (22) dan Dian Indah Carolina (20) sampai di Puncak Aconcagua pukul 17.45 waktu setempat atau 03.45 WIB pada Minggu (31/1/2016).

Tim pendaki mahasiswi itu memulai perjalanan ke Argentina dari 11 Januari 2016, akhirnya berhasil mengirimkan anggotanya mencapai Puncak Aconcagua pada tanggal 30 Januari 2016 waktu setempat. Awal pendakian dilakukan pukul 04.30 (14.30 WIB) waktu setempat, tim menempuh perjalanan lebih dari 12 jam untuk tiba di puncak.

Berdasar kabar terakhir yang didapat dari komunikasi via telepon satelit, kata Alfons Minggu, 31 Januari 2016 pukul 21.11 WIB, saat ini tim berada di Refugio Berlin (5930 mdpl) untuk beristirahat sebelum turun ke Mendoza.

"Tim akan pulang ke Jakarta dari Buenos Aires pada tanggal 5 Februari 2016. Pendakian selanjutnya akan direncanakan tim sekembalinya ke Bandung. Kondisi semua anggota tim sehat," kata Alfons.

Pendakian menuju puncak Aconcagua sempat tertunda dari jadwal semula pada 27 Januari akibat ada badai salju di puncak gunung itu. Hingga akhirnya pendakian dilakukan pada Sabtu, akhir pekan lalu dan akhirnya sukses menaklukkan puncak ketiga dari misi penaklukan tujuh puncak tertinggi di dunia itu.

Gunung Aconcagua adalah gunung tertinggi di Benua Amerika Selatan yang terletak di Provinsi Mendoza, Argentina. Gunung Aconcagua menjadi Puncak keempat yang berhasil dicapai Tim WISSEMU.

Gunung Aconcagua terletak di jajaran Pegunungan Andes dan terkenal memiliki cuaca dingin yang ekstrem ditambah badai angin yang sangat berbahaya dan dikenal dengan sebutan el viento blanco.

Sebelumnya tim Wissemu telah mencapai Puncak Gunung Kilimanjaro pada 24 Mei 2015, Puncak Gunung Elbrus pada 15 Mei 2015 dan Puncak Gunung Carstensz Pyramid pada 13 Agustus 2014 dalam rangkaian ekspedisi menggapai tujuh puncak tertinggi di tujuh benua.

Tiga puncak lainnya yang akan didaki mahasiswi Unpar Bandung itu adalah puncak Vinson Massive di Antartika, Denali Kinsley di Alaska serta puncak tertinggi dunia Everest di Nepal. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved