Dijadikan Taman, Lapak PKL di Kota Tua Dibabat Habis

Mereka (PKL) kami tertibkan, di lokasi ini akan dikembalikan fungsi sebagai taman

Dijadikan Taman, Lapak PKL di Kota Tua Dibabat Habis
Warta Kota/Andika Panduwinata
Puluhan lapak pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Kunir, kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat dibabat habis pada Rabu (27/1/2016). Hal ini dilakukan, lokasi tersebut difungsikan untuk dijadikan taman serta penghijauan. 

WARTA KOTA, TAMANSARI - Puluhan lapak pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Kunir, kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat dibabat habis pada Rabu (27/1/2016). Hal ini dilakukan, lokasi tersebut difungsikan untuk dijadikan taman serta penghijauan.

"Mereka (PKL) kami tertibkan, di lokasi ini akan dikembalikan fungsi sebagai taman," ujar Camat Tamansari, Paris Limbong yang memimpin pembongkaran lapak PKL di kawasan Kota Tua pada Rabu (27/1/2016).

Tak hanya di Jalan Kunir, belasan lapak PKL di Jalan Teh yang masih berada di area Kota Tua pun ditertibkan. Penertiban dilakukan agar saluran air di tempat tersebut tidak lagi tersendat.

"Di Jalan Teh saluran air dinormalisasi untuk antisipasi penanggulangan banjir," ucapnya.

Lapak PKL yang dibongkar ini terdiri dari warung makan, minuman, kios, kelontongan, bahkan toilet umum. Mereka mendirikan lapak - lapak ini secara liar.

"Lapak yang kami tertibkan tidak terdaftar sebagai lokasi binaan Pemprov DKI," kata Paris Limbong.

Tak hanya lapak PKL saja yang diluluh lantakan. Puluhan petugas gabungan yang dikerahkan ini juga menertibkan parkir liar di sekitar Kota Tua. Puluhan sepeda motor yang parkir sembarangan disita petugas.

"Karena dipenuhi lapak PKL dan kendaraan yang parkir liar, arus lalu lintas sering macet dan terlihat kumuh. Makanya ditertibkan," ungkapnya.

Ia mengaku akan terus memantau di lokasi penertiban ini. Pasalnya jika tak dimonitor, para PKL dan parkir liar kembali menjamur di tempat tersebut.

"Kami berkoordinasi dengan petugas Sudin Perhubungan dan Transportasi untuk menggelar razia rutin agar parkir liar tidak ada lagi di kawasan Kota Tua ini," paparnya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved