Ibu Kota Pindah

Wacana Pindah Ibu Kota Jabar Mencuat Lagi

Wacana pemindahan ibu kota Provinsi Jawa Barat, dari Kota Bandung ke kawasan baru Walini, Kabupaten Bandung Barat, kembali mencuat.

Wacana Pindah Ibu Kota Jabar Mencuat Lagi
en.wikipedia.org
Kereta cepat Shinkansen 

WARTA KOTA, BANDUNG— Wacana pemindahan ibu kota Provinsi Jawa Barat, dari Kota Bandung ke kawasan baru Walini, Kabupaten Bandung Barat, kembali mencuat.

Hal itu seiring  peresmian ground breaking proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung oleh Presiden Joko Widodo yang dilakukan di Kawasan Perkebunan Teh Walini, Kamis (21/1).

"Itu (pemindahan Ibu Kota Provinsi Jabar ke Walini) kan wacana lama sebenarnya," kata Gubernur Jawa Barat Ahmmad Heryawan atau Aher di Walini, kemarin.

Aher menuturkan, terkait isu tersebut pihaknya tinggal melakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh unsur di Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Tinggal nanti saya bicara dulu dengan teman-teman di Pemprov Jabar, setuju atau tidak. Kalau setuju pindah, kalau enggak masih betah di sana," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Cepat Indonesia China (KCIC) Hanggoro Budi yang juga konsonsium pengembangan Kawasan Baru Walini menuturkan kemungkinan pemindahan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat sangat besar.

"Karena nanti di sini bisa dikembangkan jadi taman-taman, bisa dihutankan, pusat riset, bahkan pemindahan ibu kota provinsi," katanya.

Tanpa APBN

Ground breaking proyek KA Cepat Jakarta-Bandung kemarin dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Kebun Teh Mandalawangi Maswati (Walini) Bandung Barat, Jawa Barat.

Kebun Mandalawangi milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII itu menjadi tempat awal karena di area tersebut selain akan dilewati rel kereta cepat, juga akan dibangun Transit Oriented Development (TOD) yang akan menyatu dengan pembangunan kota baru Walini.

Halaman
12
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help