Home »

News

» Jakarta

Musim Hujan

Pertengahan Februari Diperkirakan Puncak Musim Hujan

BPBD DKI Jakarta menyatakan bahwa puncak musim hujan di kawasan Jakarta, diperkirakan akan jatuh pada pertengahan Februari 2016.

Pertengahan Februari Diperkirakan Puncak Musim Hujan
Warta Kota/angga bhagya nugraha
ILUSTRASI - Awan gelap mnyelimuti kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin (17/11/2014). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah DKI Jakarta mulai memasuki musim hujan di bulan November. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, menyatakan bahwa puncak musim hujan di kawasan Jakarta, diperkirakan akan jatuh pada pertengahan Februari 2016.

Hal tersebut, sesuai hasil dari data Bdana Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pertengahan Februari. Atau dasarian dua. Apalagi jika terjadi bersamaan dengan pasang laut yang biasanya setiap tanggal 15," kata Deny Wahyu, Kepala BPBD DKI, ketika dihubungi, Rabu (20/1/2016).

Menurut Deny, genangan besar bisa terjadi jika tiga faktor berlangsung bersamaan.

Yaitu, hujan lebat di kawasan Bogor (banjir kiriman), hujan lokal lebat, dan pasang air laut.

Namun, sampai saat belum terdeteksi apakah hujan lebat akan terjadi di waktu yang bersamaan.

"Kalau hujan tidak jatuh sekaligus, misalkan hari ini dua jam, lalu besok dua jam, maka tidak terlalu menimbulkan genangan. Kalau bersamaan pun sudah kami antisipasi dengan saluran air dan pompa air," katanya.

Menurut Deny, saat ini memang terdapat 201 titik genangan absolut di 57 kelurahan. Yaitu titik genangan yang berturut-turut terjadi selama tiga tahun belakangan.

"Dari jumlah tersebut, titik terbanyak di kawasang Cengkareng, Kalideres, Penjaringan, dan Pesanggrahan. Tapi, genangan kini paling lama terjadi hanya dua jam saja," katanya.

Pasalnya, lanjut Deny, berbagai perbaikan saluran air dan tanggul telah dilakukan. Khususnya di Kampung Pulo dan Bukit Duri.

Halaman
12
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help