WartaKota/
Home »

News

Transportasi

Jokowi : Percepat Integrasi Sistem Transportasi Massal Perkotaan

Presiden Joko Widodo telah mencanangkan tahun 2016 sebagai tahun percepatan. Salah satunya adalah percepatan dalam pembangunan infrastruktur.

Jokowi : Percepat Integrasi Sistem Transportasi Massal Perkotaan
Warta Kota/Ahmad Sabran
Trotoar di Jalan Sudirman dipangkas untuk jalan, demi proyek MRT, Rabu (28/5/2014) 

WARTA KOTA, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah mencanangkan tahun 2016 sebagai tahun percepatan. Salah satunya adalah percepatan dalam pembangunan infrastruktur.

Sebagai wujud komitmen pemerintah dalam tahun percepatan tersebut, siang ini, Jumat (15/1/2016), Presiden kembali mengadakan Rapat Terbatas (Ratas) Kereta Api Cepat.

“Saya ingin terus mendorong, sistem transportasi massal, tidak hanya di Jakarta, tidak hanya di Bandung tetapi juga di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Sudah dimulai LRT misalnya di Palembang, mungkin nantinya setelah ini di Bandung, Surabaya, dan di kota-kota yang lainnya,” kata Presiden.

Dan pada ratas hari ini, Presiden ingin mengetahui lebih jauh, kendala-kendala yang berkaitan dengan perizinan, baik penetapan badan usaha negara perkeretaapian, maupun yang berkaitan dengan Amdal dan juga ingin memastikan semua siap.

“Konsorsium kereta api cepat Jakarta Bandung, harus betul-betul siap penyertaan modal dan kesiapan dari aspek-apspek yang lain,” ujar Presiden.

Daerah-daerah yang dilalui kereta api cepat juga harus betul-betul siap. Presiden mengingatkan dalam rapat sebelumnya, Gubernur Jawa Barat dan Walikota Bandung juga menyampaikan keinginannya untuk dilakukan koneksi dari kereta api cepat dengan LRT Bandung Raya.

“Saya ingin mendapat konsep detailnya seperti apa, gambarannya seperti apa dan yang berkaitan dengan LRT dalam kota, kesiapannya seperti apa,” ujar Presiden.

Dengan koneksi itu, Presiden ingin terus mendorong integrasi sistem transportasi massal perkotaan.

Penulis: Hertanto Soebijanto
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help