Kasudin Bina Marga Jakarta Pusat : Memang Bekas, Tapi Masih Layak

Pembangunan trotoar di Jalan AM Sangaji, Petojo Utara, Gambir, yang diketahui menggunakan paving block bekas diakui oleh Kasudin Binamarga Pusat.

Kasudin Bina Marga Jakarta Pusat : Memang Bekas, Tapi Masih Layak
Warta Kota/Dwi Rizki
Ilustrasi : Pembangunan trotoar di Jalan Diponegoro, persis di sisi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Kenari, Senen, Jakarta Pusat selama dua pekan dikeluhkan warga karena kemacetan. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Pembangunan trotoar di Jalan AM Sangaji, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat yang diketahui menggunakan paving block bekas diakui oleh Kasudin Binamarga Jakarta Pusat, Aris. Keputusan tersebut disetujuinya menyusul permintaan pembangunan trotoar oleh pihak Kecamatan Gambir, sementara pembangunan trotoar belum dianggarkan.

"Memang bekas, tapi (paving block) masih layak. Paving block itu bekas pembongkaran trotoar di Jalan Juanda, kita pilih yang masih bagus untuk dipasang di Jalan AM Sangaji, bersifat sementara saja, karena nggak ada anggaran program perbaikan trotoar di tahun 2015," jelasnya kepada Warta Kota, Jumat (25/12/2015).

Pemasangan paving block pada trotoar selebar tiga meter dengan panjang sekitar 200 meter itu pun disetujuinya menyusul permintaan secara tertulis pada 12 Oktober 2015 dari Camat Gambir, Fauzi untuk menata lokasi bekas lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sebelumnya ditertibkan pada 7 Oktober 2015 lalu.

"Kondisinya memang berantakan banget karena trotoar lama kotor dan rusak karena PKL. Kita juga manfaatin aset ini supaya nggak mubazir, pekerjaan trotoar ini juga dilakukan langsung oleh satgas Binamarga Kecamatan Gambir dan nggak pake kontraktor apalagi dilelang," jelasnya.

Selain pada Jalan AM Sangaji, perbaikan dan penataan prasarana jalan serupa disebutkannya pula berada di Jalan Duri Pulo, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat.

"Sebenarnya juga program ini sudah direncanakan lama, tapi memang belum dianggarkan. Bu Mondang (Kasi Binamarga Kecamatan Gambir-red) mendapat perintah dari Kasudin Binamarga Jakarta Pusat yang lama, Pamuji pada sekitar bulan oktober lalu untuk memperbaiki kedua trotoar itu," tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pembangunan trotoar di Jalan AM Sangaji, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat diketahui menggunakan paving block bekas.

Sekilas terlihat, kondisi paving block yang kini sudah memenuhi median trotoar sepanjang sekira 20 meter itu terlihat baru, lantaran paving block sudah dilapisi cat berwarna merah. Namun, mengamati lebih dekat susunan paving block yang hendak dipasang, terlihat jelas jika paving block merupakan material bekas.

Hal tersebut terlihat jelas dari kondisi paving block yang kotor dan penuh lumut kering. Selain itu, paving block berukuran 10 x 20 cm itu pun terlihat pecah dan keropos pada salah satu permukaan sisinya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved