Pembangunan Trotoar Jalan AM Sangaji Pakai Material Bekas

Hal tersebut terlihat jelas dari kondisi paving block yang kotor dan penuh lumut kering.

Pembangunan Trotoar Jalan AM Sangaji Pakai Material Bekas
Warta Kota/Dwi Rizki
Pembangunan trotoar di Jalan AM Sangaji, tepatnya di depan Pasar Petojo Ilir, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (22/12). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Jelang pergantian tahun 2015, penutupan anggaran pun dilakukan serentak oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta. Imbasnya, seluruh proyek pembangunan ataupun perbaikan yang dilakukan SKPD pun terkendala anggaran, kondisi tersebut memicu adanya dugaan pelanggaran.

Kondisi tersebut seperti yang terlihat pada pembangunan trotoar di Jalan AM Sangaji, tepatnya di depan Pasar Petojo Ilir, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (22/12). Trotoar selebar tiga meter dengan panjang sekitar 200 meter yang masuk dalam program revitalisasi Sudin Binamarga Jakarta Pusat terlihat menggunakan paving block bekas.

Sekilas terlihat, kondisi paving block yang kini sudah memenuhi median trotoar sepanjang sekira 20 meter itu terlihat baru, lantaran paving block sudah dilapisi cat berwarna merah. Namun, mengamati lebih dekat susunan paving block yang hendak dipasang, terlihat jelas jika paving block merupakan material bekas.

Hal tersebut terlihat jelas dari kondisi paving block yang kotor dan penuh lumut kering. Selain itu, paving block berukuran 10 x 20 cm itu pun terlihat pecah dan keropos pada salah satu permukaan sisinya.

Penggunaan material bekas tersebut pun dibenarkan oleh Maman, salah seorang Pekerja Harian Lepas (PHL) Binamarga Jakarta Pusat. Dirinya menyampaikan, jika pemasangan paving block tersebut sesuai dengan instruksi Mondang selaku Kasi Binamarga Kecamatan Gambir.

"Iya bener pak, itu (paving block-red) bekas semua. Soalnya masih bagus juga, tinggal cet sedikit, udah keliatan baru lagi. Kalau kata pak Mondang, ini semua nanti buat di Jalan Sangaji, biar jalan rapih," ungkapnya sembari menunjuk tumpukan paving block bekas yang tersusun di median trotoar.

Pantauan Warta Kota, proyek pembangunan trotoar yang menggunakan material bekas tidak hanya terlihat di Jalan AM Sangaji, tetapi juga terlihat di Jalan Cideng, Jalan Hasyim Asyari dan Jalan Suryopranoto, Gambir, Jakarta Pusat.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved