Transportasi

2016, Pemkot Bogor Tambah Koridor Transpakuan

Pemerintah Kota Bogor saat ini fokus menata transportasi dengan menambah jumlah koridor Transpakuan yang rencananya akan dioperasikan 2016.

2016, Pemkot Bogor Tambah Koridor Transpakuan
Istimewa
Bus Transpakuan Bogor 

WARTA KOTA, BOGOR - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat saat ini fokus menata transportasi dengan menambah jumlah koridor Transpakuan yang rencananya akan dioperasikan 2016.

"Tahun ini kita prioritaskan untuk menambah jumlah koridor Transpakuan dari tiga koridor menjadi empat," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, dalam acara Bogor Economic Summit 2015 di Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Bima Arya Sugiarto mengatakan, koridor empat yang sedang dibangun ini merupakan jalur bus Transpakuan untuk rute Cindangiang-Bubulak yang merupakan jalur tengah atau koridor utama yang sedang diprioritaskan pembangunannya saat ini.

"Koridor ini akan difloating menjadi percontohan program konversi dari angkot menuju bus Transpakuan," kata Bima Arya Sugiarto.

Bima Arya Sugiarto menjelaskan, program konversi angkot menjadi Transpakuan merupakan program penataan transportasi dengan membangun moda angkutan umum berbasis bus jalur khusus atau Bus Rapid Transit (BRT) yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah Kota Bogor.

"BRT ini angkot akan digeser tidak lagi di pusat kota," kata Bima Arya Sugiarto.

Untuk mengawali itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Bogor melakukan penataan secara bertahap di antaranya rerouting angkot agar trayek-trayek yang berhimpitan dapat diurai dan diperluas jangkauannya.

"Dari 8.000 angkot di Kota Bogor baru menjangkau 40 persen wilayah kota saja. Ini akan kami rerouting di 2016, sehingga angkot bisa menjangkau 80 persen wilayah Bogor," kata Bima Arya Sugiarto.

Langkah berikutnya, adalah membentuk badan hukum angkutan umum, yang saat ini sudah 60 persen pemilik angkot di Kota Bogor berbadan hukum.

Menurut Bima Arya Sugiarto, langkah ini ditempuh untuk menuju mekanisme pengaturan yang lebih profesional di bidang transportasi.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help