Buruh Mogok Bikin Pengusaha Truk Resah

Kabar adanya demonstasi besar-besaran di kawasan pelabuhan Tanjung Priok dan Cilincing juga sudah membuat para pengusaha truk resah.

Buruh Mogok Bikin Pengusaha Truk Resah
Kompas.com
Demo buruh. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Kabar adanya demonstasi besar-besaran di kawasan pelabuhan Tanjung Priok dan Cilincing juga sudah membuat para pengusaha truk resah.

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) bahkan sudah memberikan imbauan kepada para anggotanya untuk tidak mengoperasikan trailer yang biasa beroperasi di wilayah Pelabuhan Tanjung Priuk maupun daerah kawasan industri di sekitarnya.

“Kami melihat, demo buruh tanggal selama empat hari nanti di Pelabuhan Tanjung Priok mengarah ke penutupan pelabuhan dengan melakukan pemalangan pintu dengan trailer. Besar kemungkinan armada trailer kawan-kawan Aptrindo akan digunakan oleh buruh untuk hal-hal tersebut. Untuk itu, DPP Aptrindo mengimbau agar pengoperasian trailer dipagi hari tidak melintas di pelabuhan pada waktu berlangsungnya demonstrasi,” kata Kyatmaja Lookman, Wakil Ketua Umum Distribusi dan Logistik DPP Aptrindo kepada Warta Kota.

Potensi kerugian yang akan dialami para pengusaha truk, kata Lookman sangat besar akibat armada mereka tidak beroperasi.

Tetapi ia beranggapan, menghentikan operasi adalah keputusan terbaik ketimbang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan jika armada nekat beroperasi.

“Kalau demonya seharian, armada bisa tidak jalan karena kawasan itu pasti akan lumpuh. Potensi kehilangan omset bisa Rp5-8 juta perhari setiap armada. Sedangkan di Tanjung Priuk saja ada sekitar 44 ribu truk milik anggota Aptrindo. Dihitung saja berapa kerugian jika demonstari berlangsung empat hari. Itu masih di Tanjung Priuk saja, kita belum bicara pelabuhan lain atau kawasan industri lain yang digunakan sebagai lokasi demonstrasi nanti,” jelasnya. (fha)

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved