Tip Kesehatan

Beginilah 7 Cara Tetap Langsing Selamanya

Anda perlu strategi baru yang mampu membuat hasil diet bertahan selamanya dan inilah strategi baru yang Anda butuhkan.

Beginilah 7 Cara Tetap Langsing Selamanya
Kompas.com
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Anda pernah berhasil menurunkan berat badan, tapi kemudian berat badan kembali ke ukuran semula dan itu terjadi berulang-ulang?

Jika ya, berarti Anda perlu strategi baru yang mampu membuat hasil diet bertahan selamanya dan inilah strategi baru yang Anda butuhkan.

1. Ubah cara Anda mendeskripsikan tujuan diet
diet yang selama ini banyak orang lakukan, memiliki awal dan akhir. Itulah masalahnya, kata David Grotto, RD, spesialis nutrisi dan penulis buku Best Things You Can Eat. Apakah tujuan diet Anda selama ini hanyalah mencapai berat ideal? Itulah yang banyak orang inginkan dan ini kurang tepat.

Diet berarti pola makan dan itu seharusnya diterapkan seumur hidup untuk membentuk gaya hidup yang sehat. Karena ini adalah komitmen jangka sangat panjang, artinya Anda harus memilih diet yang cukup sehat untuk diterapkan selamanya.

2. Buat tujuan itu berarti
Ubah fokus Anda dari "Saya ingin muat memakai celana ketat itu" menjadi "Saya ingin merasa sehat dan lebih berenergi".

Tujuan internal - seperti bagaimana Anda ingin Anda merasa dan bukan bagaimana Anda ingin terlihat - akan memberi motivasi jangka panjang yang Anda butuhkan, untuk mempertahankan hasil diet yang selama ini Anda jalankan.

3. Sudahi sesuatu yang tidak berhasil
Misalnya, selama ini Anda bercita-cita berlatih di gym rutin. Anda berusaha meluangkan waktu setelah pulang kerja, tapi sampai saat ini tidak pernah berhasil. Atau Anda selalu gagal untuk tidak ngemil. Berhentilah berusaha untuk hal yang terbukti berulang kali gagal.

Mengapa Anda tidak meluangkan waktu di pagi hari sebelum jam kerja dan mulai membawa kudapan sehat sendiri dari rumah?

4. Permudah segala sesuatu
Buatlah standar kesuksesan yang sederhana dan bisa dimulai di rumah. Contohnya, lari pagi tiga kali seminggu. Letakkan perangkat olahraga di samping tempat tidur malam sebelumnya. Atau letakkan mangkuk berisi buah-buahan segar di meja makan dan meja dapur.

Dengan cara seperti ini, Anda akan lebih mudah berhasil, demikian menurut John C. Norcross, PhD, profesor psikologi dan penulis buku Changeology: 5 Steps to Realizing Your Goals and Resolutions.

5. Buat kelompok pendukung
“Beritahu teman-teman terdekat, keluarga, dan rekan kerja tentang rencana perubahan yang ingin Anda buat,” ujar Norcross.

Biarkan mereka tahu apa yang Anda butuhkan dan bagaimana mereka bisa membantu Anda. Untuk beberapa waktu awal, Anda mungkin akan merasa sedikit terganggu dengan perigatan dari mereka, seperti apa yang tak boleh Anda makan, tapi ini akan sangat membantu usaha Anda.

6. Fleksibel
Kadang-kadang sesuatu berubah menjadi tidak lagi sesuai keinginan kita. Kelas zumba berubah jadwal, atau toko salad mengobral salad kesukaan Anda sehingga Anda keduluan orang lain. Jadilah fleksibel, miliki rencana cadangan seperti mencoba kelas gym atau jenis salad yang baru.

7. Kenali rasa lapar Anda
Buat skala rasa lapar menggunakan angka mulai dari satu sampai 10. Satu untuk tidak terlalu lapar dan 10 untuk sangat lapar sampai rasanya Anda bisa pingsan. Makanlah saat rasa lapar Anda ada di skala tengah, kata psikolog Leslie Becker-Phelps, PhD.

Jika Anda tahu Anda tidak punya waktu untuk makan siang atau makan malam tepat waktu, bawa camilan sehat yang rendah lemak dan rendah gula untuk menahan rasa lapar, ketimbang Anda menahan lapar. Terlalu lama menahan lapar akan membuat nafsu makan Anda tidak terkendali nantinya.

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help