WartaKota/
Home »

News

Keren, Kampus Ini Gunakan Robot Kelola Koleksi Perpustakaan

University of Technology Sydney menggunakan teknologi robotik untuk mengelola ratusan ribu buku koleksi perpustakaannya yang tersusun rapi.

Keren, Kampus Ini Gunakan Robot Kelola Koleksi Perpustakaan
bbc.co.uk
Hotel Henn-na di Sasebo, Jepang, pekerjakan robot-robot yang menyerupai manusia. 

WARTA KOTA, SYDNEY - University of Technology Sydney (UTS) menggunakan teknologi robotik untuk mengelola ratusan ribu buku koleksi perpustakaannya yang tersusun rapi di ruang penyimpanan bawah tanah.

Ruang penyimpanan buku perpustakaan yang bernama Library Retrieval System (LRS) ini dilengkapi dengan enam robot derek (robotic crane), kata Koordinator LRS dan Jasa Pengiriman Perpustakaan UTS, Marisa Rodriguez kepada sejumlah wartawan ASEAN yang mengunjungi kampus UTS di Sydney, Selasa.

Menurut dia, LRS mengadopsi teknologi yang umum digunakan dalam industri transportasi dan logistik atau sering disebut sebagai "teknologi Dematic".

Tempat penyimpanan buku perpustakaan tersebut berada di kedalaman 20 meter dengan luas 13.000 meter persegi. Sekitar 450 ribu buku tersimpan rapi di dalam 12 ribu rak berbentuk kotak baja.

"Pembangunan fasilitas LRS merupakan upaya inovasi untuk mengatasi keterbatasan lahan kampus yang terletak di jantung kota Sydney," kata Marisa.

Pengoperasian fasilitas senilai 28,5 juta dolar Australia (sekitar Rp285 miliar) tersebut dilakukan dengan teknik unik, memakai gelombang radio.

Para mahasiswa yang sedang mencari buku bisa memesan kepada perpustakaan secara online atau mengetik buku yang diperlukan di layar komputer yang ada di perpustakaan UTS.

Ketika mahasiswa sudah melakukan pemesanan buku, maka robot akan membaca label yang tertera dan mengambil item buku yang diinginkan dari ruang penyimpanan yang berjumlah lima tingkat.

Robot itu mengantarkan buku yang dipilih kepada staf perpustakaan dan kemudian staf ini memberikannya kepada para mahasiswa.

Rak buku

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help