Peringati Hari Sumpah Pemuda, Buruh Turun ke Jalan

Para buruh meminta agar pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo menepati janji untuk kembali pro rakyat.

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Buruh Turun ke Jalan
Warta Kota/Dwi Rizki
Sejumlah buruh yang turun ke jalan, Rabu (28/10). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini, Rabu (28/10), ribuan buruh yang berasal dari berbagai aliansi terlihat turun ke jalan.

Para buruh meminta agar pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo menepati janji untuk kembali pro rakyat.

Kedatangan buruh untuk melakukan aksi unjuk rasa sudah terlihat sejak pukul 10.00 WIB. Mengenakan atribut dan seragam berbagai warna serta dilengkapi dengan kendaraan berpengeras suara, para buruh terlihat merapatkan barisan dan memenuhi Silang Barat Daya Monumen Nasional (Monas), Jalan Medan Merdeka Utara.

Di lokasi yang berseberangan langsung dengan Istana Negara itu, para buruh tidak menyiayiakan waktu. Secara bergantian, orasi disampaikan para buruh dengan penuh semangat, mereka menyampaikan agar pemerintah dapat melakukan perubahan atas nasib buruh saat ini.

"Kita ingin perubahan, mana janjinya Pak Jokowi (Joko Widodo-red), katanya mau sejahterakan buruh, mau memanusiakan kami. Tapi semuanya palsu, kebijakan pemerintah kok sekarang malah sengsarakan kami, malah nyenengin pengusaha dan konglomerat," ungkap salah seorang buruh dalam orasinya.

Hingga kini, aksi buruh masih berlangsung dengan tertib di depan Istana Negara. Menjelang siang, rencananya para pengunjuk rasa akan berjalan beriringan dan kembali melakukan orasi di depan gedung Mahkamah Agung.

Walau aksi unjuk rasa dikawal dan dibatasi ruang geraknya oleh pihak Kepolisian, lalulintas di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat hingga simpang Harmoni terlihat padat, hal tersebut dikarenakan banyaknya pengendara jalan yang melintas melambatkan laju kendaraannya. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved