Siswa SMKN 1 Cariu Mampu Produksi Lampu LED Harga Rp 16.000

SMKMN 1 Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mampu merakit lampu hemat energi Light Emitting Diode atau biasa disebut lampu LED.

Siswa SMKN 1 Cariu Mampu Produksi Lampu LED Harga Rp 16.000
Wartakotalive.com/Suprapto
Kepala SMKN 1 Cariu, Kabupaten Bogor, Mahdi (berdasi) didampingi para siswa dan guru sekolah itu mendemonstrasikan lampu LED buatan siswa, Senin (26/10/2015). Lampu LED 7 watt buatan siswa dijual seharga Rp 16.000 per lampu. 

WARTA KOTA, CARIU— Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mampu merakit lampu hemat energi Light Emitting Diode atau biasa disebut lampu LED.

Lampu buatan siswa itu akan segera diproduksi secara massal dengan harga jual yang jauh lebih murah dibandingkan lampu sejenis buatan pabrikan, termasuk lampu LED dari China.

“Kami resah melihat produk China, seperti lampu LED masuk di pasar Indonesia dengan harga murah. Setelah kami bicarakan dengan para guru, para siswa kami juga mampu merakit lampu LED yang harganya jauh lebih murah dibandingkan lampu impor,” ujar Kepala SMKN 1 Cariu Drs Mahdi MPd saat launching sejumlah produk buatan siswa sekolah itu, Senin (26/10/2015).

Produk-produk lain yang diluncurkan hari itu adalah lampu penerangan jalan umum bertenaga surya, media pembelajaran menggunakan infocus bertenaga surya, dan Safety Welding Table (SWT).

Peluncuran keempat produk itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Asep Hilman, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Dace Supriadi, dan pejabat terkait dari Direktorat Pendidikan Kejurusan Kemendikbud.

Menurut Mahdi, lampu LED buatan siswa SMKN 1 Cariu memiliki sejumlah keunggulan, antara lain hemat enegeri, harga kompetitif, cahaya terang, dan usia nyala sampai 8.000 jam.

“Jangan lupa, biaya produksi lampu ini hanya rp 14.500 sehingga harga jual lampu ini hanya Rp 16.000 per lampu,” ujarnya yang didampingi Eko S, salah satu konsultan pembuatan sejumlah produk di sekolah itu.

Jika kita bandingkan dengan harga lampu LED yang beredar di pasaran, lampu buatan siswa SMK ini jauh lebih murah. Lampu sejenis produk China dan atau perusahaan lampu ternama bisa dijual Rp 50.000 per buah.

Halaman
12
Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved