Pameran Diecast Bidik Transaksi Rp 1,5 Miliar

Pecinta mainan miniatur Diecast boleh senang, pasalnya pada 7-8 November akan digelar Indonesia Diecast Expo yang kedua di Balai Kartini, Jakarta.

Pameran Diecast Bidik Transaksi Rp 1,5 Miliar
Agustin Setyo Wardani
Para pengunjung mainan Diecast sedang melihat-lihat mobil miniatur di Diecast Expo 2014 di Balai Kartini, Sabtu (15/11/2014) siang. 

WARTA KOTA, TANAH ABANG - Pecinta mainan miniatur Diecast boleh senang, pasalnya pada 7-8 November mendatang akan digelar pameran Indonesia Diecast Expo yang kedua di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta.

Dalam pameran ini, sebanyak 100 orang penjual mainan diecast dilibatkan guna memenuhi keinginan pecinta diecast mendapatkan mainan-mainan langka untuk melengkapi koleksinya.

Ketua Pelaksana Indonesia Diecast Expo, Handy Satriatama, mengatakan pameran ini merupakan ajang diecast terbesar di Indonesia. Tahun lalu, lebih dari 10.000 orang pengunjung ikut meramaikan ajang tersebut.

Handry menambahkan, selama ini, para pecinta diecast banyak memburu mainan unik dan langka secara online entah melalu laman Facebook hingga e-bay.

"Karenanya kami libatkan seller-seller yang sebagian besar merupakan pelaku usaha kecil dan menengah, agar mereka bisa berinteraksi langsung dengan pemburu diecast," katanya.

Dia mengatakan, antusiasme dari para pecinta diecast dalam pemeran tersebut membuatnya optimis menargetkan pameran yang didapuk terbesar di Indonesia itu bisa membukukan transaksi senilai Rp 1,5 Miliar.

"Tahun lalu dengan 60 seller, di mana ada lima seller besar, bisa membukukan transaksi lebih dari Rp 1 Miliar. Tahun ini, dengan bertambahnya 100 seller maka tahun ini kami harap setidaknya bisa membukukan Rp 1,5 Miliar," jelasnya.

Handry melanjutkan, diecast bukan sekadar mainan tetapi melalui berkumpulnya lebih dari 500 komunitas diecast di Indonesia, diecast bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Dan bagi sebagian orang, diecast bisa memiliki nilai investasi yang tinggi.

Salah satu seller diecast yang tahun lalu ikut dalam ajang ini, Faisal Adli atau yang dikenal dengan om Ichal, mengatakan tahun lalu bisa membukukan hampir Rp 100 juta dalam dua hari pameran.

"Selama ini jualan melalui media sosial, dengan adanya pameran diecast ini, saya juga mendapatkan 75 persen pelanggan baru," katanya dalam kesempatan yang sama. (Agustin Setyo Wardani)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved