Tahun Ini Kemendikbud Jalankan Program Wajar 12 Tahun

Wajib belajar 12 tahun dijalankan dengan harapan agar pendidikan di Indonesia minimal bisa setara SMA/SMK.

Tahun Ini Kemendikbud Jalankan Program Wajar 12 Tahun
budiandono.blogspot.com
Upacara di sekolah. 

WARTA KOTA, SENAYAN - Tahun 2015 pemerintah berusaha untuk menerapkan program wajib belajar 12 tahun.

Hal ini dikembangkan dari keberhasilan wajib belajar 9 tahun sebagai upaya mencapai pendidikan dasar universal.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad, mengatakan wajib belajar 12 tahun dijalankan dengan harapan agar pendidikan di Indonesia minimal bisa setara SMA/SMK.

“Tujuan kedua untuk mengurangi tingkat pengangguran, yakni dengan makin banyaknya lulusan SMP sederajat yang masuk ke SMK,” katanya dalam diskusi Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) Indonesia di Gedung Kemendikbud, Rabu (23/9) siang.

Selanjutnya, mengacu dari pendidikan di Asia Tenggara, Hamid mengatakan bahwa saat ini peringkat Indonesia dalam dunia pendidikan sejajar dengan Thailand dan dari segi kualitas mengalami ketertinggalan dari negara-negara lain. Karenanya, dengan memperbanyak lulusan SMA maka dapat menyusuplai calon mahasiswa ke perguruan tinggi.

“Ini terkait daya saing bangsa Indonesia di Asia,” katanya.

Tujuan selanjutnya adalah adanya penurunan tingkat kemiskinan di Indonesia. Pasalnya, kata Hamid, lulusan SMK dianggap dapat memperoleh pekerjaan yang lebih baik dari lulusan SMP dari segi pendapatan. (Agustin Setyo Wardani)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help