Waduh, Tiap 40 Detik Satu Orang Meninggal Bunuh Diri

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, bunuh diri menjadi penyebab kematian nomer dua pada penduduk berusia 15-29 tahun.

Waduh, Tiap 40 Detik Satu Orang Meninggal Bunuh Diri
tribunnews.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, KUNINGAN - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, bunuh diri menjadi penyebab kematian nomer dua pada penduduk berusia 15-29 tahun.

Tiap tahun diperkirakan 800 ribu hingga 1 juta orang meninggal akibat bunuh diri. Ini setara 40 detik satu orang meninggal akibat bunuh diri.

Untuk kasus bunuh diri di Indonesia belum ada data yang terkumpul secara resmi namun catatan yang baik dipunyai aparat kepolisian.

"Bunuh diri merupakan masalah kompleks karena tidak diakibatkan penyebab atau alasan tunggal," kata Eka Viora, Direktur Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan RI, di Jakarta, Jumat (11/9).

Disebutkan, tindakan itu akibat interaksi yang kompleks dari faktor biologik, genetika, psikologik, sosial, budaya dan lingkungan.

"Sulit untuk menjelaskan mengenai penyebab orang memutuskan bunuh diri, sedangkan yang lain dalam kondisi sama bahkan lebih buruk tidak melakukannya," katanya.

Meskipun demikian, tindakan bunuh diri yang terdiri atas bunuh diri atau percobaan bunuh diri pada umumnya bisa dicegah. (Eko Sutriyanto)

Penulis: z--
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved