Home »

News

Properti

Pasar Properti Sedang Memasuki Fase Siklus Baru

Pengamat properti mengatakan, pasar properti sedang memasuki fase siklus baru karena perlambatan penjualan perumahan yang terjadi pada saat ini.

Pasar Properti Sedang Memasuki Fase Siklus Baru
Kompas.com
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Pengamat properti Ali Tranghanda mengatakan, pasar properti sedang memasuki fase siklus baru karena perlambatan penjualan perumahan yang terjadi pada saat ini diyakini pada masa mendatang bakal melonjak kembali.

"Kondisi ini merupakan sebuah siklus alamiah pasar properti yang harus dilalui, dan pengembang tidak perlu manja. Karena pasar properti akan memasuki fase baru siklus properti," kata Ali Tranghanda dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (4/9/2015).

Ali Tranghanda yang juga merupakan Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch itu mengakui memang perlambatan pasar properti memang dirasakan sejak memasuki awal tahun 2015.

Perlambatan itu, ujar Ali Tranghanda, telah coba diprediksi diirnya dengan mengatakan pasar properti akan mulai bangkit tahun 2009 hingga mencapai puncaknya pada 2013.

Kemudian, setelah memang terjadi puncak pasar properti, diprediksi kembali bakal terjadi perlambatan pada tahun 2014 yang ternyata benar terasa sampai kini.

"Dan kenyataannya saat ini pasar properti memang berada di titik terendah," kata Ali Tranghanda dan menambahkan, hal ini juga terkait dengan kondisi perekonomian Indonesia yang belum pulih.

Namun, Ali Tranghanda mengingatkan bahwa harus dibedakan jatuhnya perekonomian karena fundamental yang lemah dengan melemahnya perekonomian karena belanja negara yang sangat besar.

Pemerintah saat ini, menurut Ali Tranghanda, berpikir jangka panjang dan tidak hanya melihat sebagai periode pemilu lima tahunan karena dampak infrastruktur akan sangat menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi negara dalam jangka panjang.

Properti dan otomotif

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) meyakini sektor properti dan otomotif akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi ke depannya, terutama pada semester II 2015 mendatang, seiring dengan realisasi proyek infrastruktur pemerintah dan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help