Bayi Lahir Tanpa Tulang Hidung Akhirnya Meninggal Dunia

Bayi yang lahir tanpa tulang hidung, dinding valatum dengan jenis kelamin belum jelas, akhirnya meninggal dunia di RSUD Jaraga Sasameh, Buntok.

Bayi Lahir Tanpa Tulang Hidung Akhirnya Meninggal Dunia
Tribunnews.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, BUNTOK - Bayi yang lahir tanpa tulang hidung, dinding valatum dengan jenis kelamin belum jelas, akhirnya meninggal dunia di rumah sakit umum daerah Jaraga Sasameh Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

"Bayi yang lahir hari Minggu (8/9) di desa Teluk Mampun kecamatan Dusun Selatan tersebut meninggal dunia pada 17 Agustus 2015," kata dr spesialis anak Novita Damanik di Buntok Jum¿at.

Ia mengatakan, bayi yang lahir dari pasangan suami istri Fitriadi (38) dan Jainah (35) tersebut meninggal dunia sekitar pukul 12.00 WIB di ruang ICU RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

"Bayi itu meninggal dunia karena mengalami gagal jantung dan paru-paru, dan dengan kondisi sistem badan bayi tidak merespon terhadap obat yang diberikan," ucap Novita Damanik.

Dia mengatakan, seharusnya bayi tersebut discanning supaya bisa dilihat sistem jantung dan paru-paru apabila ada kelainan, namun di RSUD Buntok belum tersedia alat deteksi itu.

Menurut dia, bayi tersebut saat dilahirkan sudah dalam keadaan kritis, sehingga harus dibantu dengan alat pernafasan sebelum akhirnya meninggal dunia.

Dia mengatakan, pihaknya sudah berupaya melakukan perawatan dan pelayanan terbaik bagi bayi yang lahir tidak memiliki dinding valatum atas pada rongga mulut dan tidak memiliki tulang hidung serta jenis kelamin yang belum jelas itu.

"Kami telah melakukan perawatan dan memberikan obat yang terbaik sejak bayi tersebut dirawat di RSUD Jaraga Sasameh Buntok, namun kondisinya terus melemah dan akhirnya meninggal dunia," ujar Novita.

Berbagai upaya dilakukan para medis tidak membawa hasil, apalagi peralatan yang diperlukan untuk mendeteksi sistem jantung belum tersedia di rumah sakit ini, katanya. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved