Gubernur Jabar: PNS Wajib Ikut Koperasi

Jika ada PNS yang tidak ikut Koperasi, Ahmad Heryawan mengancam tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) PNS bisa dihapuskan.

Gubernur Jabar: PNS Wajib Ikut Koperasi
KOMPAS.com/Rio Kuswandi
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan 

WARTA KOTA, BOGOR - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mewajibkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Jawa Barat ikut Koperasi.

Aturan menjadi anggota Koperasi bagi PNS berlaku mulai 19 Agustus 2015 mendatang.

Jika ada PNS yang tidak ikut Koperasi, Ahmad Heryawan mengancam tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) PNS bisa dihapuskan.

Menurut Aher-sapaan Ahmad Heryawan-untuk iuran koperasi akan dipotong dari TPP yang diterima setiap bulan.

"Sebanyak 14.000 PNS Pemprov Jabar harus ikut jadi anggota koperasi. Jika ada PNS yang menolak, kita putus saja TPP nya," ujar Aher saat peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopanas) di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong Kabupaten Bogor, Jumat (7/8) lalu.

Dia menjelaskan, sebanyak 25.000 guru SMA se-Jabar juga akan ikut koperasi. Dia mengatakan, sudah mengajukan kebijakan tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

Dia menilai, sistem koperasi merupakan penyelesaian masalah ekonomi masa lalu, sekarang dan masa depan. Dimana setiap anggota dapat membangun pondasi kesejahteraan yang sama.

"Semakin banyak orang yang jadi anggota koperasi, semakin besar juga modalnya. Berbeda dengan PT atau CV yang hanya membesarkan pemiliknya saja, katanya

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang turut hadir dalam acara tersebut, mengapresiasi program Aher sebagai ide cemerlang.

"Dengan demikian masyarakat pun akan tergerak untuk mengikuti koperasi sesuai kebutuhan dan minat pengembangannya," ujarnya.

Dalam peringatan Harkopnas tersebut 100 koperasi dan UKM dari Kota/Kabupaten se-Jawa Barat memamerkan produk unggulannya di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor sampai Minggu (9/8) ini.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Bogor Hj Nurhayanti, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jabar Mustapha Jamaludin.

Sebanyak 100 koperasi dan UKM yang berada di Jawa Barat menerima penghargaan tanda bhakti koperasi. Sepuluh di antaranya merupakan koperasi yang berkembang di Kabupaten Bogor.

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help