Pedagang Kaki Lima

Senin Depan, PKL Asemka Didaftar untuk Dipindahkan

PKL di Asemka, Jakarta Barat tinggal menghitung hari untuk direlokasi. Mereka pun pada Senin (11/8/2015) sudah diminta mendaftarkan diri untuk pindah.

Senin Depan, PKL Asemka Didaftar untuk Dipindahkan
Wahyu Tri Laksono
Para pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang di kolong flyover Pasar Pagi Asemka ditertibkan, Kamis (18/12/2014) 

WARTA KOTA, TAMANSARI - Pedagang kaki lima (PKL) di Asemka, Jakarta Barat tinggal menghitung beberapa hari saja untuk direlokasi. Mereka pun pada Senin (11/8/2015) sudah diminta mendaftarkan diri untuk pindah ke pasar yang sudah disiapkan.

"Kemarin Jumat (7/8/2015) kami sudah sosialisasi. Dan hari Senin (11/8/2015) sudah dilakukan pendaftaran bagi mereka," ujar Camat Tambora, Mursidin kepada Warta Kota pada Sabtu (8/8/2015).

Pendaftaran dibuka sedari pukul 08.00 - 12.00 WIB. Rencananya ada 273 PKL di Asemka yang akan ditertibkan.

Dari 273 itu terdiri dari 176 PKL di Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, dan 97 PKL di Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari.

Setelah melakukan pendaftaran, pada Selasa (12/8/2015) para PKL ini akan diundi guna mendapatkan kios di pasar yang sudah ditentukan.

"Nanti hari Rabu (13/8/2015) langsung ditertibkan para PKL yang dagang di Asemka, semua PKL sudah harus pindah, sehingga di kolong flyover sudah tak ada lagi pedagang yang berjualan di situ," ucap Camat Tamansari, Paris Limbong.

Kepala Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Barat, Sonar Sinurat menjelaskan para PKL yang hendak melakukan pendaftaran langsung saja datang ke Kelurahan Roa Malaka atau Pinangsia. Hal tersebut diperuntukan sebagai pemetaan relokasi.

"Pendaftaran ke Kelurahan terdekat bertujuan untuk mencegah adanya pedagang gelap yang memanfaatkan momen relokasi untuk menempati tempat yang telah disediakan oleh pemerintah khusus untuk pedagang Asemka dan Pasar Pagi," kata Sonar.

Sonar menjelaskan kalau langsung daftar ke PD Pasar Jaya ditakutkan adanya pihak eksternal yang masuk. Sehingga pihak luar bisa melakukan perampasan hak pedagang yang ditertibkan.

"Kalau melalui Kelurahan data valid dan dipastikan aman," pungkasnya.

Para PKL ini rencananya akan direlokasi ke Pasar Mitra, Pasar Perniagaan, dan Pasar Jembatan II. Dalam hal ini para pedagang dapat memilih satu dari lokasi pasar yang sesuai yang diinginkannya. Namun untuk penentuan kios akan dilakukan sesuai sistem undian.

Satu dari PKL Asemka, Dede (30) mengaku sudah siap untuk direlokasi. Tapi Dede masih bingung dalam menentukan lokasi pasar yang dipilihnya karena di tempat sebelumnya dirinya mengaku sudah memiliki banyak pembeli.

"Kalau di Asemka saya jualan sudah banyak pelanggannya, Asemka ini kan sudah terkenal oleh masyarakat," ungkap Dede. (Andika Panduwinata)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved