WartaKota/
Home »

News

Tips Kesehatan

Warna Darah Haid Berhubungan dengan Kondisi Kesehatan

Sudah tahu arti tekstur darah haid atau menstruasi? Nah kalau belum simak deh disini

Warna Darah Haid Berhubungan dengan Kondisi Kesehatan
shutterstock/kompas.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH - Sudah tahu arti tekstur darah haid atau menstruasi? seperti dilansir situs konsultasi kesehatan, meetdoctor, darah menstruasi yang dikeluarkan dari rahim wanita setiap bulannya memiliki tekstur dan warna yang berbeda-beda dengan artinya masing-masing.

Hasil dari sel telur yang meluruh karena tidak terjadi pembuahan ini dapat menghasilkan warna merah terang, kecokelatan hingga hitam, serta dapat bertekstur tipis atau sangat tebal.

Perubahan yang terjadi pada warna dan tekstur darah kotor, bukanlah termasuk kondisi yang serius, namun tetap harus diwaspadai segala kemungkinannya.

Kondisi menstruasi yang normal terjadi setiap bulan karena tidak adanya kehamilan, biasanya setiap 21-35 hari sekali dalam jangka waktu dua hingga tujuh hari.

Darah yang dikeluarkan pun jumlahnya bervariasi, dari hanya sebanyak 4 sendok teh hingga sebanyak 12 sendok teh setiap kali kedatangan tamu.

Berdasarkan warna darah, menstruasi bulanan wanita dapat berarti:

1. Merah terang, darah yang baru saja dikeluarkan dari dalam tubuh. Aliran darah yang terjadi cenderung ringan dan teratur.

2. Merah gelap, yang menandakan adanya darah yang lebih tua dan sudah lebih lama disimpan dalam rahim dan baru keluar sekarang. Biasanya, darah dengan warna demikian terjadi saat wanita bangun tidur.

3. Kecokelatan maupun kehitaman, yang menandakan adanya darah tua.

Para wanita yang mengalami darah ini biasanya mengalaminya mendekati akhir periode menstruasi dengan aliran darah yang tidak deras.

Halaman
123
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help