Koran Warta Kota

Cipali Gelap Mobil Polisi Terperosok

Pemudik Lebaran 2015 yang menggunakan mobil, jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menjadi alternatif baru di jalur tengah pulau Jawa.

Cipali Gelap Mobil Polisi Terperosok
Tribunnews.com
Pintu tol Cikopo - Palimanan (Cipali) pada 18 Juni 2015. 

WARTA KOTA, PALMERAH— Pemudik Lebaran 2015 yang menggunakan mobil, jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menjadi alternatif baru di jalur tengah pulau Jawa. Namun pengguna jalan tol sepanjang 116,75 kilometer itu harus ekstra hati- hati, apalagi jika melintas di jalur itu pada malam hari.

Pantauan Warta Kota, Rabu (8/7) tengah malam, di beberapa titik, tol Cipali masih minim penerangan. Lampu jalan yang terbilang memadai baru ada di setiap gate keluar dan masuk ke tol saja.

Seorang pengguna, Ris­mawan (44), mengeluhkan kondisi tol yang gelap itu. Dia mudik bersama saudara-saudaranya dari Jakarta hendak menuju ke Kabupaten Kuningan. "Gelap sekali tolnya. Seram jadinya," kata Rismawan saat ditemui di rest area kilometer 102 yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Toh ia masih sempat bercanda juga. "Tapi mungkin kalau sudah ramai pemudik ya jadi tak seram lagi," ucapnya sambil terkekeh.

Jalur masuk ke rest area juga menjadi wilayah berbahaya. Sebab di beberapa jalur masuk rest area tidak ada lampu, dan hanya sedikit rambu bercahaya yang bisa memperlihatkan bahwa ada kelokan di jalan masuk ke rest area.

Hal itu pula yang membuat AKBP Widodo, anggota polisi yang berdinas di Polres Metro Jakarta Utara, mengalami kecelakaan saat hendak masuk ke rest area Kilometer 166 di Tol Cipali pada Kamis (9/7) pukul 04.39 dini hari.

Mobil Daihatsu Xenia bernomor polisi B 8874 YW yang dikendarai Widodo menabrak pembatas jalan di jalur masuk ke rest area itu. Mobil pun terperosok ke area luar jalan yang masih berupa tanah kosong.

Jalur masuk ke rest area itu memang berkelok, tetapi di kelokan itu tak ada satu pun lampu menyala. "Saya pikir itu tadi jalannya lurus," kata Widodo kepada Warta Kota. Apalagi ia mengaku memang agak mengantuk. Beruntung Widodo dan keluarganya tak mengalami luka serius. Tapi mobilnya harus diderek untuk kembali ke jalan.

Meningkat

Sementara itu menurut data di posko pantauan angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan, jumlah kendaraan yang keluar dari Jabodetabek terus mengalami peningkatan. Sejak H-15 (2 Juli) hingga H-8 (9 Juli) kemarin, jumlah pemudik terus bertambah setiap harinya.

Halaman
12
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help