25 Bank Kuasai Pasar Valas di Indonesia

Jadi itu artinya menunjukkan bahwa pasar kita masih tersegmentasi

25 Bank Kuasai Pasar Valas di Indonesia
Kompas.com
ILUSTRASI - Teller di tempat penukaran uang. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa transaksi valuta asing (valas) di Indonesia hanya didominasi oleh 25 bank saja. Menurut BI, itu tanda bahwa pasar industri perbankan nasional masih tersegmentasi.

"Jadi itu artinya menunjukkan bahwa pasar kita masih tersegmentasi," ujar Direktur Taks Force Program Pendalaman Pasar Keuangan BI Nanang Hendarsah di Jakarta, Senin (1/6/2015).

Berdasarkan perkiraan BI, 25 Bank tersebut menguasi 70 sampai 80 persen pasar valas di Indonesia. Sementara itu sisanya diperebutkan sekitar 40 an bank kecil. Oleh karena itu, kata Nanang, BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mesti terus mendorong bank-bank kecil tersebut untuk terus aktif dalam pasar valas Indonesia.

Bahkan, akan jauh baik apabila bank-bank kecil tersebut melakukan konsolidasi perbankan sehingga kapasitas menyerap valas juga kian besar.

"Konsolidasi lebih baik dalam jangka panjang , jadi bank itu tidak perlu banyak tetapi cukup kuat dan cukup besar kapasitasnya (menyerap valas)," ucap Nanang.

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help