Berita Duka

BREAKING NEWS: Benjamin Mangkoedilaga Tutup Usia

Mantan hakim agung Benjamin Mangkoedilaga meninggal dunia di Rumah Sakit Jakarta pada Kamis (21/5/2015).

BREAKING NEWS: Benjamin Mangkoedilaga Tutup Usia
Kompas/Priyambodo
Benjamin Mangkoedilaga 

WARTA KOTA, JAKARTA - Mantan hakim agung Benjamin Mangkoedilaga meninggal dunia di Rumah Sakit Jakarta pada Kamis (21/5/2015). Informasi tersebut disampaikan kerabat almarhum lewat pesan singkat kepada Kompas.com.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun..... Telah berpulang ke Rahmatullah Benjamin Mangkoedilaga (mantan Hakim Agung) pukul 16.30 di RS Jakarta. Mohon doanya. Insya Allah almarhum khusnul khatimah. Aamiin YRA," tulis Taufik Gumulya R Mangkoedilaga.

Taufik Gumulya R Mangkoedilaga menambahkan, jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Kav Polri Blok F Nomor 36 B, Ragunan, Jakarta Selatan. Informasi mengenai pemakaman almarhum masih belum dapat dipastikan.

Benjamin Mangkoedilaga meninggal dunia dalam usia 77 tahun. Pria kelahiran Garut, 30 September  1937 itu memiliki dua orang anak, Mada Dewi Yustika dan Mada Dies Natalia, hasil pernikahannya dengan Roosliana. Ia pernah menjadi anggota Komnas HAM dan Hakim Tinggi PTTUN Jakarta.

Sebelum menjabat hakim agung, Benjamin aktif sebagai anggota berbagai lembaga penting di Tanah Air. Antara lain, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Badan Arbitrase Nasional, Dewan Pers, dan Partnership to Support Governance Reform in Indonesia.

Benjamin menempuh pendidikan dasar dan menengahnya di SMP dan SMA Kanisius. Kendati ia seorang muslim, dia memilih sekolah Katolik itu, karena alasan bermutu dan berdisiplin tinggi.

Namanya muncul ke permukaan ketika sebagai hakim di sidang PTUN Jakarta, Benjamin memenangkan gugatan majalah Tempo yang dibredel oleh rezim Orde Baru, terhadap Menteri Penerangan Harmoko.

Suatu keputusan yang dianggap berani pada masa itu, ketika campur tangan kekuasaan eksekutif masih sangat kuat mencengkeram terhadap yudikatif. Namanya pun sontak melambung sebagai seorang hakim yang punya integritas diri menegakkan keadilan.

Benjamin patut disebut sebagai ikon integritas seorang hakim karier di negeri ini. Kemudian dalam usia 63 tahun ia terpilih menjabat hakim agung (2000-2002).

Redaksi Warta Kota turut berbelasungkawa atas kepergian almarhum Benjamin Mangkoedilaga. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved