Minat Investasi Properti Cenderung Menurun

Minat masyarakat untuk berinvestasi di sektor properti cenderung menurun

Minat Investasi Properti Cenderung Menurun
Kompas.com
Jakarta Skyline 

WARTA KOTA, SENAYAN-Minat masyarakat untuk berinvestasi di sektor properti cenderung menurun. Itu terlihat setidaknya dalam penyelenggaraan REI Expo di JCC, Senayan Jakarta yang digelar sejak Sabtu (2/5) lalu.

"Tiap tahun kami selalu ikut even seperti ini. Tahun lalu, penyelenggaraan hari keempat bisa 20-25 orang yang aplikasi, tapi sekarang ini cenderung turun, paling 5-7 orang," tutur Johan, salah satu tenaga pemasar di stand Metropolitan Land, Rabu (6/5/2015).

Menurut Johan, respon masyarakat untuk datang ke area Expo tidak sebanyak penyelenggaraan tahun sebelumnya. Dia menilai, masyarakat saat ini masih ragu untuk berinvestasi di sektor properti.

"Kalau melihat kondisi ekonomi seperti saat ini, harga BBM naik turun, suku bunga bank yang tinggi, mungkin lebih banyak yang memilih menyimpan uangnya, karena lebih liquid," imbuhnya.

Metropolitan Land masih menawarkan rumah tapak di wilayah luar Jakarta seperti di Tambun, Cibitung, dan Cileungsi dengan rentang harga antara Rp300 jutaan hingga Rp500 jutaan. Selain itu, juga ditawarkan rumah siap huni dan kavling siap bangun di wilayah Cipondoh, Tangerang, Banten dengan rentang harga antara Rp1,3 miliar hingga Rp1,8 miliar.

Edi Mulyanto, Supervisor PT Puninar Texton Asia, pengembang perumahan Permata Cimanggis juga mengakui hal serupa. "Melihat stabilitas ekonomi sekarang, orang masih khawatir investasi di properti, 80 persen bisnis properti kan masih mengandalkan dana bank," tuturnya.

Karena kondisi demikian itu, Edi bahkan menyebut penjualan properti perusahaan itu pada triwulan pertama hanya mampu mencapai 70 persen dari target yang dipatok sekitar Rp20 miliar.

"Satu hal yang menguntungkan karena target pemasaran kami fokus pada masyarakat menengah yang betul-betul membutuhkan rumah, jadi masih ada saja yang datang," imbuhnya.

Hingga hari keempat pelaksanaan expo, sudah sekitar 30 unit rumah yang telah dipesan pengunjung. Perumahan Permata Cimanggis dijual dengan rentang harga Rp400 jutaan untuk tipe 30/72 hingga Rp700 jutaan untuk tipe 45/105.

Di REI Expo kali ini, juga masih bisa didapatkan penawaran rumah dengan harga dibawah Rp200 jutaan, seperti yang ditawarkan Perum Perumnas Parung Panjang. Tipe termurah adalah 36/90 dengan harga Rp188 jutaan, belum termasuk PPn 10 persen dan pengurusan administrasi lainnya

Penulis:
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved