Properti

Kawasan Bogor Jadi Favorit untuk Mencari Rumah

Perjualan pasar properti pada 2015, diperkirakan tidak secemerlang tahun-tahun sebelumnya.

Kawasan Bogor Jadi Favorit untuk Mencari Rumah
Kompas.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH - Perjualan pasar properti pada 2015, diperkirakan tidak secemerlang tahun-tahun sebelumnya. Sebab, kondisi makroekonomi saat ini telah menekan daya beli masyarakat untuk membeli properti, khususnya rumah.

General Manager Rumah123.com, Mario Gaw mengatakan, ‎penjualan properti tahun ini akan melambat yang terdampak dari adanya kebijakan Loan to Value (LTV) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, suku bunga acuan perbankan (BI Rate) yang tinggi, dan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Ini membuat harga properti tinggi dan penjualan melambat. Tapi sepertinya perlambatan bukan hanya diproperti saja, tetapi semua sektor, misalnya perbankan juga yang melambat," kata Mario di Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Menurut Mario, perlambatan penjualan properti sudah terjadi sejak adanya Pemilihan Presiden pada tahun lalu dan diperkirakan akan pulih kembali setelah berbagai proyek infrastruktur mulai berjalan secara baik di berbagai wilayah.

"Sekarang orang lebih berhati-hati membeli properti, ini terlihat dari pencarian properti yang menurun dari online. Sekarang orang bertanya-tanya informasi dari keluarga atau temannya," tutur Mario.

Wilayah Buruan Properti

Survei online yang dilakukan Rumah123.com, selama 1,5 bulan pada Januari 2015 telah mengungkapkan Jakarta Selatan sebagian tujuan utama responden saat memburu properti.

Adapun, daerah yang dituju untuk Jakarta Selatan, seperti Bintaro, Kemang, dan Pondok Indah.

"Mereka melihat tinggal di Jakarta Selatan ‎lebih nyaman, lebih asri dan berpotensi untuk berkembang nantinya," ucap Mario.

Hasil survei dari 5.000 koresponden juga mengungkapkan, bahwa Bogor berhasil meraup suara tertinggi sebesar 37 persen sebagai wilayah paling dicari dan diikuti Tangerang, Depok dan Bekasi.

‎"Di Bogor itu paling dicari daerah Sentul, mereka melihat karena pembangunan infrastruktur di Bogor sudah berjalan, akses tolnya baik dan ada jalur kereta juga," tutur Mario.

Sementara, berbicara potensi kota di luar Jabodetabek, Bandung menjadi kota favorit pencarian properti, di atas Yogyakarta, Surabaya dan Medan. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help