KPK vs Polri

Jokowi Minta Novel Tak Ditahan, Polisi Masa Bodoh

Mabes Polri tak peduli dengan perintah Presiden Jokowi soal penahanan penyidik KPK, Novel Baswedan.

Jokowi Minta Novel Tak Ditahan, Polisi Masa Bodoh
Getty Image/bbc.co.uk
Presiden Jokowi menjadi sasaran kemarahan publik Australia yang geram atas eksekusi terhadap Myuran Sukumaran dan Andrew Chan. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - Mabes Polri tak peduli dengan perintah Presiden Jokowi soal penahanan penyidik KPK, Novel Baswedan.

Sebelumnya Jokowi sudah memerintahkan agar Novel tak ditahan, tapi polisi masa bodoh dengan perintah itu.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anton Charliyan menunjukkan sikap masa bodoh Polisi terhadap perintah Presiden saat menggelar konferensi pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (1/5/2015) pukul 13.15 WIB.

"Ini masalah penegakan hukum. Dan perlu diingat ini persoalan personal bukan masalah KPK-Polri. Saya rasa saat ini hubungannya KPK-Polri baik dan mereka juga tahu bagaimana hukum diproses. Oleh karena itu kami harap menghormati proses hukum di Polri," kata Anton kepada wartawan.

Saat wartawan menegaskan kembali tentang instruksi Presiden Jokowi untuk tidak menahan Novel Baswedan, Anton kembali menegaskan bahwa itu kewenangan penyidik.

"Penegakan hukum adalah kewenangan penyidik. Saya belum tahu ada perintah dari Bapak Presiden," kata Anton sambil melotot.

Sebelumnya, polisi meringkus Novel di rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (1/5/2015) dini hari. Dia dipanggil paksa lantaran sudah dua kali mangkir dari panggilannya sebagai tersangka. Kemudian Novel lekas ditahan.

Novel tersangkut kasus penganiayaan berat yang Ia lakukan pada tahun 2004 lalu di Bengkulu. Ketika itu Novel masih jadi polisi dan menjabat Kasat Reskrim Polresta Bengkulu. Dia menembak empat tersangka sampai salah satunya mengalami luka berat. Inilah yang kemudian membuat Novel dijadikan tersangka.

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved