Razia Minuman Keras

Pabrik Miras Palsu Merek Winner Digerebek

Sebuah rumah yang disulap menjadi pabrik pembuatan miras palsu di Desa Kahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Bogor, digerebek polisi, Jumat petang.

Pabrik Miras Palsu Merek Winner Digerebek
Warta Kota/Soewidia Henaldi
Ilustrasi : Walikota Bogor Bima Arya saat melakukan pemusnahan minuman keras, Selasa (31/3/2015). 

WARTA KOTA, BOGOR - Sebuah rumah yang disulap menjadi pabrik pembuatan minuman keras (miras) palsu di Desa Kahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, digerebek petugas Polsek Klapanunggal, Jumat (24/4/2015) petang.

Dari lokasi tersebut, petugas menyita ratusan botol miras palsu merek winner. Polisi juga mengamankan dua orang pemilik pabrik berinisial AM dan AB.

Kapolsek Klapanunggal AKP Denden, mengatakan, miras palsu tersebut membahayakan jika diminum karena dibuat dengan bahan-bahan berbahaya.

"Mereka membuat miras palsu menggunakan air mentah yang dicampur dengan zat pewarna dan spirtus serta bahan pengawet berbahaya," ujar AKP Denden.

Selain, menyita ratusan botol miras palsu, petugas juga mengamankan sebuah toren air berkapasitas 520 liter berisi miras.

"Kami mendapatkan laporan dari masyarat soal aktivitas di rumah tersebut. Kemudian diselidiki selama sebulan, dan hasilnya ditemukan ratusan botol miras palsu merek winner," kata AKP Denden.

AKP Denden menjelaskan, dua pelaku AB dan AM pemilk pabrik miras palsu tersebut sudah diamankan untuk dimintai keterangan.

"Kami masih melakukan pengembangan kasus. Selain pemalsuan merek, pelaku juga bisa dijerat dengan pasal perlindungan konsumen," ujar Kapolsek AKP Denden.

Salah seorang warga Desa Kahuripan, yang tak jauh dari pabrik pembuatan miras palsu, Rahmat Setiawan, mengaku resah dengan adanya pabrik miras di sekitar kompleknya yang sudah beroperasi sejak lama.

"Air sumur di sini sempat tercemar akibat air bekas pembuatan miras. Warnanya jadi berubah kuning dan berbau," kata Rahmat Setiawan.

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved