Properti

Rumah Atas Nama Istri atau Suami?

Kepemilikan rumah bisa dibuat atas kepemilikan berdua, suami dan istri.

Rumah Atas Nama Istri atau Suami?
Kompas.com
Ilustrasi 

Tanya:

Salam kenal Bu Teja,

Saya senang mengikuti tulisan-tulisan Ibu karena sangat bermanfaat. Bu, saya Ricka (32) sudah menikah dan punya 2 orang anak. Saya dan suami berencana membeli rumah dengan sistem KPR. Namun, kami bingung, Sebaiknya surat rumah atas nama istri atau suami, ya, Bu? Lalu asuransi jiwanya atas nama suami atau istri? Mohon sarannya. Terima kasih sebelumnya.

Ricka-Jakarta

Jawab:

Dear Ricka,

Memiliki rumah adalah tujuan utama yang diinginkan dalam sebuah keluarga. Apabila saat ini Ricka sudah memiliki uang untuk DP (Down Payment ) inilah saatnya untuk membeli rumah yang diidamkan. Kepemilikan atas aset rumah memang menjadi pertanyaan banyak keluarga, apakah surat rumah atas nama istri atau suami ?

Hal ini dipertanyakan mengingat baik suami atau istri merasa memiliki andil atas rumah yang akan dibeli, serta nilainya cukup besar. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka rumah tersebut, bisa saja lepas dari kita.

Padahal, sebenarnya tidak ada yang harus dipermasalahkan atas siapa pemilik dari rumah keluarga kita. Karena, setelah menikah, maka atas nama siapapun, akan tetap masuk dalam harta gana-gini atau kepemilikan bersama. Jadi, tidak masalah rumah atas nama istri atau suami . Pada saat kondisi terburuk terjadi dalam rumah tangga, misalnya bercerai, maka nilai rumah akan dibagi dua untuk suami dan istri.

Kalau kita ingin merasa lebih nyaman, kepemilikan rumah bisa dibuat atas kepemilikan berdua, suami dan istri. Dengan cara ini mungkin kedua belah pihak merasa tenang. Bicarakan kemungkinan hal ini dengan pihak notaris tempat mengajukan KPR ke bank.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved