WartaKota/
Home »

News

Konferensi Asia Afrika

Pidato Banjir Pujian, Jokowi Sebenarnya Dikecilkan Anak Buahnya

Pengakuan bahwa pidato yang disampaikan Presiden Joko Widodo dibuatkan oleh tim anak buahnya dinilai mengagetkan karena tidak lazim.

Pidato Banjir Pujian, Jokowi Sebenarnya Dikecilkan Anak Buahnya
Kompas.com
Presiden Joko Widodo. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Sebagian kalangan menilai, di balik pidato yang banjir pujian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), perannya sedang ingin dianggap kecil oleh anak buahnya.

‎"Saya melihat, berita pengakuan timnya sangat tidak lazim," kata politisi, Dradjad H Wibowo di Jakarta, Rabu (22/4/2015)‎

Dengan pengakuan terbuka seperti itu, tim Presiden terlihat ingin diberitakan bahwa karena kehebatan mereka lah, maka Presiden jadi terlihat bagus. ‎

"Ini secara tidak langsung merendahkan Presiden, tapi mengangkat tim yang menulis pidato tersebut. Dalam berita ditulis pengakuan Andi Wijayanto (AW) dengan menyebutkan peran dari nama-nama seperti LBP (Luhut B Panjaitan), Retno, AW, Rizal Sukma, dan lain-lain," katanya. 

Kehebatan staf

Di banyak negara, kata Dradjad, dirinya hampir tidak pernah melihat kehebatan staf dari seorang pemimpin politik diberitakan menonjol, sehingga mengaburkan kualitas sang bos. 

"Kita baru tahu peran rinci staf tersebut setelah yang bersangkutan pensiun. Bukan pada saat puncak acara di mana bosnya baru saja pidato. Sederhananya, saya melihat dari berita soal pidato itu bahwa Jokowi ini biasa-biasa saja, atau malah awam. Yang hebat adalah tim-nya," katanya.‎

Dalam berita yang diungkap Kompas.com, Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato yang berisi kritik dalam pembukaan Konferensi Asia-Afrika 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (22/4/2015).

Pidato Jokowi ini langsung mendapat sambutan meriah peserta KAA yang hadir.

Baca juga: Pidato Resmi Presiden Jokowi di KTT Asia Afrika

Halaman
123
Editor: Gede Moenanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help