Razia Minuman Keras

Karyawan Minimarket Tak Tahu Ada Larangan Menjual Alkohol

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel melarang penjualan minuman beralkohol golongan A dijual di minimarket, khususnya di DKI Jakarta.

Karyawan Minimarket Tak Tahu Ada Larangan Menjual Alkohol
KOMPAS.com
Ilustrasi miras di gerai minimarket. 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel melarang penjualan minuman beralkohol golongan A dijual di minimarket, khususnya di DKI Jakarta.

Dampak adanya peraturan itu, beberapa minimarket wilayah di Jakarta Utara terpantau tak menjual minuman haram tersebut.

Hasil pengamatan Warta Kota, terpantau di dua minimarket yang saling berdempetan, di Jalan Deli, Koja, Jakarta Utara. Kedua minimarket ini tak menjual minuman beralkohol.

Warta Kota mencoba menyambangi minimarket pertama, yakni Indomaret. Di beberapa kulkas yang ada di minimarket tersebut, tak menjual satupun minuman berjenis alkohol.

Kebanyakan yang dijual yakni minuman kesehatan, soda, dan minuman ringan. Salah seorang karyawan Indomaret, Rudi (25) mengakui tak tahu menahu akan adanya peraturan tersebut.

Namun ia mengatakan, minimarket tempat ia bekerja, memang sejak awal tak menjual minuman beralkohol.

"Saya sih tahunya begitu. Emang kami gak jual, kalau soal peraturan dilarang jual alkohol, ya saya baru tahu. Bukannya sudah lama ya?" tanyanya.

Sama halnya dengan minimarket sebelahnya, Alfamart. Saat disambangi tak terlihat adanya minuman beralkohol yang dijual di minimarket tersebut.

Yang dijualnya hanya minuman bersoda, minuman ringan dan minuman kesehatan. Salah seorang pegawai, Murni (25) mengatakan tak menjual minuman beralkohol.

Sejak awal ia bekerja pun, kata dia, tak melihat adanya penjualan minuman haram tersebut. "Emang kami nggak jual mas. Enggak ada," katanya sambil melayani pelanggan.

Larangan tersebut telah tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol,

Artinya, semua minimarket di seantero Nusantara ini haram menjual minuman beralkohol di bawah 5 persen, termasuk bir. Penjualan minuman beralkohol golongan A hanya boleh dilakukan oleh supermarket atau hipermarket. (Panji Baskhara Ramadhan)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved