Inilah Calon-calon Wakapolri Pengisi Kursi Panas

Kursi Wakapolri kini jadi kursi panas. Sejumlah polisi berpangkat Komjen disebut-sebut punya potensi menduduki posisi tersebut.

Inilah Calon-calon Wakapolri Pengisi Kursi Panas
Warta Kota/angga bhagya nugraha
Kabag Penum Mabes Polri Kombes Rikwanto 

KEBAYORAN BARU - Kursi Wakil Kepala Polri kini jadi kursi panas. Sejumlah polisi berpangkat Komisaris Jenderal atau bintang tiga disebut-sebut punya potensi menduduki posisi tersebut.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo sudah menunjuk Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

Namun satu tahun ke depan Badrodin akan pensiun dan akan digantikan posisinya oleh Wakapolri. Makanya kursi Wakapolri jadi begitu panas.

Saat ini yang disodorkan untuk jadi Wakapolri adalah Komjen Budi Gunawan yang sebelumnya dijadikan calon Kapolri.

Tetapi setelah KPK menetapkannya sebagai tersangka, Jokowi mencabut penunjukannya itu yang kemudian membuat Polri dan KPK geger.

Namun, Mabes Polri membantah bahwa Komjen Budi Gunawan adalah calon tunggal Wakapolri.

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan, seluruh polisi dengan bintang tiga di pundaknya punya hak yang sama untuk mendampingi Badrodin (jadi Wakapolri).

Selama kapasitasnya terpenuhi. Makanya Rikwanto menyebut calon wakapolri yang dipertimbangkan tak hanya Komjen Budi Gunawan. Tapi ada banyak nama lain.

Rikwanto lalu menyebut nama-nama lain itu, yakni Kabaharkam Mabes Polri Putut Eko Bayu Seno. Kemudian Irwasum Mabes Polri, Komjen Dwi Priyatno, dan Kepala Badan Narkotika Nasional, Komjen Anang Iskandar.

"Selama kompetensinya masuk dan tidak ada masalah hukum, pasti diusulkan oleh Dewan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti)," ucap Rikwanto.

Makanya dia memastikan tak hanya Komjen Budi Gunawan yang diusulkan jadi calon Wakapolri.

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved