Lakukan Inspeksi, Menteri Jonan: Ini Upaya Meningkatkan Keselamatan

Selain melakukan pemeriksaan terhadap 19 bus yang dipilihnya secara acak, Kementerian Perhubungan juga melakukan tes urine kepada sejumlah sopir.

Lakukan Inspeksi, Menteri Jonan: Ini Upaya Meningkatkan Keselamatan
youtube.com/ahmad sabran
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan berkunjung ke Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin (23/3). 

WARTA KOTA, JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bersama jajarannya melakukan uji kelayakan terhadap bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang ada di Terminal Kampung Rambutan pada Senin (23/3/2015).

Selain melakukan pemeriksaan terhadap 19 bus yang dipilihnya secara acak, Kementerian Perhubungan juga melakukan tes urine kepada sejumlah sopir. Para sopir harus menjalani tes urine untuk mengetahui apakah sopir mengonsumsi narkoba atau mengidap diabetes.

"Hari ini juga kami juga melakukan tes urine kepada para pengemudi dan sejauh ini hasilnya negatif," ujarnya.

Jonan menjelaskan langkah yang dilakukan Kemenhub merupakan upaya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Diharap dengan tindakan di atas angka kecelakaan bisa ditekan seminimal mungkin.

"Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keselamatan dan mengurangi kerugian," ujar Jonan.

Selain melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan angkutan umum, Jonan juga akan mengundang Organisasi Gabungan Angkutan Darat (Organda) untuk memperbaiki persoalan yang ada.

Bahkan ke depannya, Kemenhub akan terus melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk meningkatkan standar pelayanan bus demi menjaga keselamatan para penumpang.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved