Narkoba

Ratusan Tentara Ikuti Tes Narkoba

Sebanyak 237 anggota TNI dari Batalyon 714 Sintuwu Maroso, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, mengikuti tes urine.

Ratusan Tentara Ikuti Tes Narkoba
KOMPAS TV/ MANSUR
Sebanyak 237 anggota TNI dari Batalyon 714 Sintuwu Maroso, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, mengikuti sosialisasi anti narkoba, dan sekaligus menjalani tes urine. 

WARTA KOTA, POSO— Sebanyak 237 anggota TNI dari Batalyon 714 Sintuwu Maroso, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, mengikuti sosialisasi anti narkoba, dan sekaligus menjalani tes urine.

Acara itu digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Poso bekerjasama dengan TNI, Senin (9/3/2015) kemarin. Hal ini mengantisipasi peredaran narkotika di lingkungan TNI. Acara digelar di aula Batalyon 714.

Para personel TNI mulai dari pangkat bintara hingga prajurit menengah ikut dalam sosialisasi narkoba dan pemeriksaan urine. Total keseluruhan peserta yang menjalani tes urine 317 sipil, 237 prajurit TNI, 60 orang Persit, dan 20 orang purnawirawan TNI.

Komandan Batalyon 714 Sintuwu Maroso Poso Mayor Infanteri Sandi Kamidianto menjelaskan pentingnya anggota TNI mendapat sosialisasi dan tes urine untuk mengantisipasi peredaran narkoba. Menurut Sandi, TNI tidak segan-segan akan memberikan sanksi tegas termasuk pemecatan, bila ada anggota TNI yang terbukti positif menggunakan narkoba.

"Ini adalah bentuk komitmen dari atasan kami, kalau memang ada anggota yang terbukti menggunakan narkoba, apalagi turut mengedarkan, maka kita tidak ada kompromi, sanksinya harus dipecat," tegas Sandi.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala BNN Kabupaten Poso Max Immanuel Tungka yang menjadi pemeri materi dalam acara ini, mengatakan, secara rinci bahaya dampak kesehatan bagi pengguna narkoba.

"Kita harus berperang melawan narkoba, Indonesia dalam darurat narkoba, maka tugas kita adalah antisipasi peredaran narkoba sekecil mungkin demi untuk keselamatan putra putri sebagai generasi bangsa," ungkap dia. (Mansur)

Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved