WartaKota/

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak

Istri Gubernur DKI Resmikan Pembangunan RPTRA di Cililitan

Kita targetkan dalam kurun waktu tiga tahun ini, ada 300 RPTRA yang dibangun di Jakarta.

Istri Gubernur DKI Resmikan Pembangunan RPTRA di Cililitan
Warta Kota/junianto Hamonangan
Isteri Gubernur DKI, Veronica Tan Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan RPTRA Cililitan 

WARTA KOTA, KRAMATJATI - Istri Gubernur DKI Jakarta, Veronica Tan meresmikan pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di RT 10/16 Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (3/3). Kesempatan itu tentu saja membuat RPTRA semakin bertambah.

Veronica Tan menjelaskan, RPTRA Cililitan adalah untuk yang kelima kali diresmikan olehnya, dimana akan disusul dengan RPTRA Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu. Sehingga total nantinya pada bulan Maret akan ada enam RPTRA yang diresmikan.

"Kita targetkan dalam kurun waktu tiga tahun ini, ada 300 RPTRA yang dibangun di Jakarta. Seluruhnya menggunakan lahan milik Pemda DKI yang tidak terpakai sehingga dapat dimanfaatkan untuk ruang publik bagi warga DKI," kata Veronika.

Ia pun optimis target 300 RPTRA dapat teralisasi tepat waktu apabila semua unit terkait dan masyarakat bergotong royong. Terlebih lahan yang digunakan adalah milik pemda dan pelaksanaan pembangunan dilakukan oleh perusahaan swasta melalui program CSR (Corporate Social Responcibility).

Adapun RPTRA Cililitan dan lima lainnya dibangun oleh PT Pembangunan Jaya melalui program CSR. Ia juga meminta agar warga sekitar menjaga dan merawat RPTRA Cililitan supaya tetap terpelihara dengan baik.

"RPTRA Cililitan ini sudah sesuai kebutuhan masyarakat setempat. Selain berada di lingkungan warga, fasilitas yang tersedia juga sangat bermanfaat bagi warga," ucapnya.

Sementara itu Juru Bicara PT Pembangunan Jaya, Muchsin Muchtar mengatakan bahwa pembangunan RPTRA ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan. Selain lapangan futsal, nantinya juga akan ada taman, areal bermain anak-anak, hingga joging track di areal seluas 3.800 meter persegi.

"Semua desain kita buat sesuai dengan keinginan masyarakat setempat. RPTRA Cililitan ini termasuk sedikit terlambat pelaksanaan pembangunannya karena menunggu masukan dari warga tentang desainnya," katanya.

Setiap RPTRA yang dibangun memiliki anggaran berbeda-beda, tergantung luas lahan yang digunakan. Namun demikian kisaran anggarannya adalah Rp 400- 800 juta. Adapun keenam RPTRA itu masing-masing ada di kelurahan Cililitan, Kembangan Utara, Gandaria Selatan, Cideng, Sungai Bambu dan Pulau Untung Jawa.

Ide awal pembuatan RPTRA ini adalah untuk mendukung Jakarta sebagai kota layak anak sehingga setiap kelurahan minimal memiliki satu RPTRA yang dapat dimanfaatkan anak-anak untuk arena bermain.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help