Begal Motor

Semua Pesan Berantai Soal Begal Hoax

Seluruh pesan berantai (broadcast) yang beredar soal begal adalah hoax.

Semua Pesan Berantai Soal Begal Hoax
Warta Kota/Ahmad Sabran
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Martinus Sitompul. 

WARTA KOTA, SEMANGGI - Seluruh pesan berantai (broadcast) yang beredar soal begal adalah Hoax.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Martinus Sitompul, memastikan hal itu kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (25/2/2015).

Menurut Martinus, sampai saat ini polisi belum mengeluarkan pesan berantai resmi terkait maraknya begal.

Bahkan, Martinus menggertak kepolisian akan menyelidiki pembuat pesan tersebut. "Ini supaya tidak disebarkan lagi pesan-pesan semacam itu," kata Martinus.

Martinus setuju peningkatan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan merupakan hal yang penting. Namun, ucap Martinus, dengan menyebarkannya dalam bentuk broadcast yang berisikan tempat-tempat yang rawan begal, itu justru akan memicu ketakutan.

Diketahui sejumlah pesan berantai ditemukan dalam beberapa waktu terakhir berisi soal tempat-tempat yang rawan aksi begal. Pesan tersebut menyebutkan tempat-tempat yang tersebar di beberapa wilayah dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya. Bahkan ada pesan yang menyebutkan lokasi-lokasi tertentu dalam satu wilayah yang rawan pembegalan.

“Yang jelas tempat-tempat yang rawan itu adalah tempat yang sepi, minim mobilitas warga, dan minim penerangan jalan,” kata Martinus.

Karena itu, Martinus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berpergian sendirian pada malam hari kalau tidak terlalu dibutuhkan. Ia juga menyarankan supaya warga selalu memberitahukan orang terdekat bila harus berpergian pada malam hari

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help