KPK Vs Polri

Mantan Penyidik KPK Dukung Taufiqurahman Ruki

Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid I, AKBP Irsan mendukung Taufiqurahman Ruki ditunjuk sebagai Plt Ketua KPK

Mantan Penyidik KPK Dukung Taufiqurahman Ruki
Antara
Taufiqurrahman Ruki 

WARTA KOTA, BOGOR - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid I, AKBP Irsan mendukung Taufiqurahman Ruki ditunjuk sebagai Plt Ketua KPK oleh Presiden Jokowi. Irsan meminta publik tidak bereaksi negatif atas penunjukkan Taufiqurahman Ruki.

"Munculnya suara sumbang dari peneliti dari ICW terkait penunjukan Pak Ruki sebagai Plt KPK tidak berdasar. Saya itu hanya didasarkan pada nada emosional," ujarnya kepada wartawan, Minggu (22/2/2015).

Dia mengatakan, selama lima tahun menjadi penyidik di KPK dia berpendapat, Taufiqurahman Ruko mampu mengembalikan kepercayaan dan soliditas serta maruwah KPK seperti dulu lagi.

"Beliau adalah orang yang paling tepat. Saya yakin, dalam waktu singkat KPK - Polri bisa duduk bersama lagi dalam suasana harmonis. Saya yakin itu karena saya pernah jadi anak buahnya di KPK jilid 1 dulu," ujar Irsan.

Dia justru heran melihat ICW yang malah mempertanyakan hubungan yang mulai harmonis antara KPK - Polri sejak Presiden menunjuk tiga Plt.

Menurutnya, Ruki justru mau bekerja mengembalikan KPK agar kuat dan kokoh seperti dulu dan berjalan diatas rel pemberantasan korupsi tanpa embel-embel ambisi kekuasaan dari komisionernya.

Dia mencontohkan, Taufiqurahman Ruki yang mau melepas jabatannya di Bank Jabar Banten (BJB) dan sejumlah posisi di perusahaan lain setelah dia ditunjuk sebagai Plt KPK.

"Niat Pak Ruki mengembalikan KPK ke rel hukum dengan melepas jabatan penting di sejumlah perusahaan harus didukung dan bukan dikomentarin secara emosional tanpa dasar. KPK yang independen dan kuat perlu didukung dan bersinergi dengan Polri dan Kejaksaan serta lembaga penegak hukum lainnya," kata Irsan yang sempat menjadi saksi dalam persidangan Praperadilan Komjen Budi Gunawan di PN Jakarta Selatan.

Model penguatan KPK oleh Ruki diakui Irsan saat dirinya masih menjadi penyidik KPK.

"Dulu pernah ada mantan Kapolri yang di sidik oleh KPK dan disidangkan di PN Tipikor. Apa ada gejolak saat itu?, kan tidak. Kenapa aman, karena penegakan hukumnya sesuai aturan," ujarnya.

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help