Home »

News

» Jakarta

KPK Vs Polri

Bambang Widjojanto Ajak Mahasiswa Lawan Korupsi

Muda, berani dan kritis. Mantan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, mengatakan, ketiga itu adalah sosok mahasiswa seharusnya.

Bambang Widjojanto Ajak Mahasiswa Lawan Korupsi
Wartakotalive.com/Dwi Rizki
Bambang Widjojanto bersama mahasiswa di kawasan Car Free Day, Jakarta Pusat, Minggu (22/2/2015). 

WARTA KOTA, PALMERAH— Muda, berani dan kritis. Mantan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto,  mengatakan, ketiga itu adalah sosok mahasiswa seharusnya. Mahasiswa yang berani mengkritik kelalaian, mahasiswa yang berani melawan adanya kecurangan pemerintah.

BW --panggilan Bambang Widjojanto-- mengatakan itu saat berorasi bersama puluhan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada Car Free Day (CFD) di Bundaran HI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (22/2) pagi.

Menurutnya, perlawanan melawan para koruptor maupun pemerintahan kotor tidak hanya menjadi tugas dan kewajiban lembaga penegak hukum seperti Kejaksaan Agung, PPATK, Polri, dan KPK, tetapi seluruh rakyat Indonesia, khususnya kaum muda.

"Tiada Indonesia tanpa anak muda dan tiada Indonesia tanpa mahasiswa.Siapapun yang melawan nurani dan akal sehat, pasti dia gila, sakit jiwa dan tidak mungkin akan menang. Nurani dan akal sehat kita tidak bisa lagi menerima seluruh perilaku korup, korupsi yang begitu masif di negeri ini," teriaknya lantang.

Dalam orasi yang terlihat sudah dilakukan sejak pukul 07.00 WIB, BW yang mengenakan kaos warna putih bertuliskan 'Save KPK, bangun polisi bersih' itu pun menceritakan cikal bakal Indonesia dan pergerakan yang dimotori kaum muda sejak masa penjajahan Belanda hingga penggulingan pemerintahan Orde Baru pada tahun 1998 silam.

"Kemerdekaan dimulai oleh anak muda yang mengikrarkan diri untuk bersatu melawan penjajah menjadikan suatu bangsa, negara, dan republik Indonesia pada tahun 1928. Ikrar yang kini dikenal sebagai sumpah pemuda," jelasnya lantang.

"Pergerakan itu pun bertranformasi menjadi sebuah perjuangan untuk kemerdekaan pada tahun 1945. Kita di sini sekarang berikrar, tidak akan mau Indonesia menjadi bangsa yang tidak bermartabat. Kita wujudkan Indonesia yang anti korupsi, Indonesia yang melawan seluruh koruptor di indonesia ini," tambahnya bersemangat.

Tidak hanya berorasi dengan menggunakan pengeras suara, dalam kegiatan tersebut, BW yang berorasi di atas sebuah truk tanpa bak yang didampingi para mahasiswa UI berjaket kuning itu pun turun dan bersama-sama melanjutkan aksi damai dengan mengecat Pos Polisi Bundaran HI. Aksi tersebut merupakan simbol dukungan masyarakat atas terciptanya lembaga Polri yang bersih bebas kepentingan.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help