KPK Vs Polri

Komisi Yudisial: Putusan Hakim Sarpin Keluar Dari KUHAP

Komisioner Komisi Yudisial (KY) Taufiqurrahman Syahuri berpendapat putusan hakim Sarpin Rizaldy keluar dari KUHAP.

Komisi Yudisial: Putusan Hakim Sarpin Keluar Dari KUHAP
Wartakotalive.com/Dany Permana
Hakim Sarpin Rizaldi hendak memimpin sidang perdana praperadilan penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka pemilik rekening mencurigakan oleh KPK di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (2/2/2015). Sidang tersebut ditunda sampai minggu depan karena ketidakhadiran pihak tergug 

WARTA KOTA, PALMERAH— Komisioner Komisi Yudisial (KY) Taufiqurrahman Syahuri berpendapat putusan hakim Sarpin Rizaldy keluar dari KUHAP. Padahal KUHAP menjadi pegangan seorang hakim dalam menangani perkara pidana.

"Semua tahu putusan praperadilan (BG) keluar dari KUHAP," ujarnya dalam pesan singkatnya, Jumat (20/2/2015).

Menurut Taufiq dengan menafsirkan sendiri Pasal 77 KUHAP tersebut, berarti Sarpin telah menyetarakan sendiri kewenangan‎nya dengan hakim Mahkamah Konstitusi. Apalagi Sarpin memperluas penafsiran hal-hal yang masuk objek praperadilan. Padahal tertuang di Pasal 77 KUHAP sudah detail apa saja yang masuk objek sidang Praperadilan, tidak ada mengenai sah tidaknya penetapan tersangka.

"Dengan putusan tersebut memperluas penafsiran Pasal 77 menyamakan dengan kewenangan MK dalam pengujian UU. Tapi apapun putusan hakim kita harus hormati,‎" kata Taufiq.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved