KPK Vs Polri

Jokowi Resmi Lantik 3 Pimpinan KPK

Presiden Joko Widodo mengangkat dan melantik Taufiqurahman Ruki sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK menggantikan Abraham Samad.

Jokowi Resmi Lantik 3 Pimpinan KPK
Antara
Taufiqurrahman Ruki 

WARTA KOTA, ISTANA— Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat dan melantik Taufiqurahman Ruki sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK menggantikan Abraham Samad. Keputusan Presiden Nomor 14 B tahun 2015 diterbitkan Presiden Jokowi untuk mengangkat Ruki.

Juru Bicara KPK Johan Budi  berdasarkan Keppres 15 Tahun 2015 diangkat menjadi Plt Wakil Ketua menggantikan Bambang Widjojanto. Satu posisi kosong yang ditinggal Busyro Muqoddas diisi oleh Indriyanto Seno Adji berdasarkan Keppres 16 Tahun 2015.

Pengucapan Sumpah/Janji Ketua dan Wakil Ketua Sementara Merangkap Anggota Sementara Pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi di Hadapan Presiden ini digelar Jumat (20/2/2015), Istana Negara, sekitar pukul 08.00 WIB.

Amatan Tribunnews.com, acara yang berlangsung sekitar 15 menit tampak Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mendampingi Presiden. Selain itu, Sejumlah Menteri seperti Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago, Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Hukum dan HAM: Yasonna H Laoly, Menteri Perindustrian: Saleh Husin, Menteri Perdagangan: Rachmat Gobel.

Sebagaimana diketahui, ketiga nama plt itu menggantikan dua pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto diberhentikan sementara oleh Presiden Jokowi. karena status keduanya sebagai tersangka dan mengisi satu kursi pimpinan yang kosong karena telah habis masa jabatannya.

Anggota tim 9 Imam Prasodjo memuji keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk tiga Plt Pimpinan KPK menggantikan Abraham Samad, Bambang Widjojanto, dan Busyro Muqoddas.

"Pak Johan. Pak Ruki adalah sebuah solusi sementara mudah-mudahan ini akan bisa menajdi alternatif sementara krisis ini harus terus dibangun jangan sampai berkelanjutan. Jadi ini adalah salah satu putusan yang cukup melegakan," katanya di gedung KPK, Jakarta, Rabu(18/2/2015).

Guna mencegah kekosongan pimpinan di lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Presiden Joko Widodo akhirnya mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) penunjukan Plt Pimpinan KPK pengganti Abraham Samad dan Bambang Widjojanto serta satu posisi kosong yang ditinggal pensiun Busyro Muqoddas.

Presiden memilih Taufiqurahman Ruki, Indriyanto Seno Adji dan Johan Budi sebagai Plt Pimpinan KPK.

"Saya tunjuk saudara Taufiqurahman Ruki, Indriyanto Seno Adji dan Johan Budi sebagai Plt Pimpinan KPK," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu(18/2/2015).

Menurut Jokowi, ketiga Plt Pimpinan KPK akan segera bekerja, karena Keppres segera diterbitkan.
"Keppres tiga pimpinan segera diterbitkan," ujarnya.

Penulis: Sri Handriyatmo Malau
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved