KPK Vs Polri

Calon Kapolri: KPK Jangan Lagi Sidik Komjen BG

Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti menganggap KPK tidak lagi menyidik Budi Gunawan.

Calon Kapolri: KPK Jangan Lagi Sidik Komjen BG
Kompas.com/SABRINA ASRIL
Wakil Kepala Polri Komjen Badrodin Haiti 

WARTA KOTA, PALMERAH— Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sudah memutuskan bila penetapan status tersangka Komjen Pol Budi Gunawan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak sah. Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti menganggap KPK tidak lagi menyidik Budi Gunawan.

"Seharusnya tidak boleh," ucap jendral polisi bintang tiga ini di rumah dinasnya, Jalan Panglima Polim III Nomor 7A, Jakarta Selatan, Kamis (19/2/2015).


Dijelaskannya dalam putusan sidang praperadilan yang diajukan Budi Gunawan satu pertimbangan hukum diantaranya menyebutkan kapasitas Budi Gunawan saat. 2006 silam bukan sebagai penyelenggara negara.

"KPK tidak boleh menangani bukan wilayah dia, harus diserahkan kepasa kepolisian atau kejaksaan," katanya.

Mantan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri ini pun mengatakan dalam kasus rekening mencurigakan Budi Gunawan tidak pernah ada pengambilalihan kasus dari Polri yang dilakukan KPK. Ambil alih perkara hanya boleh dilakukan bila kasus yang ditangani sulit diproses misalnya pemberkasannya tidak kunjung selesai akibat jaksa terus mengembalikan berkas penyidikan.

"Selama ini belum ada pengambilalihan kasus itu, kalau itu dicuri saya tidak tahu," ucapnya.

Badrodin pun mempertanyakan keberadaan Laporan Hasil Analisis (LHA) PPATK yang keberadaannya di Bareskrim berupa salinannya saja.

"Makanya itu saya bilang di mana berkasnya, kalau sekarang hanya salinan, aslinya di mana, kan itu pertanyaannya," kata dia.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help