Transportasi

PT KAI: Persiapan 2 Rute KRL Baru Sudah 90 Persen

Untuk loket-loket pelayanan penjualan tiketnya sendiri dan pemasangan gate elektronik sudah siap, katanya

PT KAI: Persiapan 2 Rute KRL Baru Sudah 90 Persen
Panji Baskhara Ramadhan
Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (17/2). 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK - PT Kereta Api Indonesia berencana membuka dua rute baru Kereta Api Listrik (KRL) Commuter Line, yakni rute Stasiun Jakarta Kota - Tanjung Priok dan Stasiun Citayam - Nambo.

Kepala Humas Daop I PT KAI Bambang S Prayitno mengaku persiapan sudah 90 persen. "Masih 90 persen persiapannya. Sedikit lagi akan dioperasikan," terangnya saat menghubungi Warta Kota, Selasa (17/2).

Menurut dia, persiapan-persiapan yang telah dilakukan saat ini yakni pembenahan meliputi kesiapan stasiun, jalur kereta, dan listrik aliran atas (LAA) untuk daya KRL.

"Untuk loket-loket pelayanan penjualan tiketnya sendiri dan pemasangan gate elektronik, dan untuk keluar maupun masuk penumpang sudah siap," jelasnya.

Ia juga menambahkan, dalam waktu dekat sarana dan prasarananya terkait persiapan tersebut akan segera diuji. "Nanti satuan kerja dari Direktorat Perkeretaapian dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI, yang akan melakukan pengujian," katanya.

Hasil pengamatan wartakotalive.com saat di Stasiun KA Tanjung Priok, suasana dan kondisi di lokasi nampak sepi. Stasiun yang dibangun pada tahun 1877 dan dibuka pada tahun 1914 ini, tak terlihat aktivitas kereta, baik di jalur 1, 2, 3 dan 4.

Terlihat juga para pegawai PT KAI berlalu lalang di dalam stasiun yang sempat mati suri beberapa kali itu. Tak hanya itu, terlihat tiang-tiang LAA sudah terpasang rapih, diantara jalur KA.

Beberapa kereta juga tengah bertengger di setiap jalurnya. Salah seorang security Stasiun KA Tanjung Priok, mengaku persiapan dua rute baru sudah siap. Namun, dirinya juga belum begitu kapan akan di operasikan.

"Udah jadi. Gatenya juga sudah siap. Cuman soal dioperasikannya kapan saya gak tahu. Mungkin dalam waktu dekat ini," katanya yang enggan menyebutkan namanya.

Ia juga mengaku, dalam pengujian dua rute itu sempat mengalami kendala di Peron Kawasan Stasiun Kampung Bandan.

"Uji lintasannya sempet sih. Saya gak tahu kapan. Cuman, saat uji coba itu kereta ketika melintas di Kawasan Stasiun Kampung Bandan, lintasan kereta kan rada sedikit berbelok. Nah itu keretanya sempet nyerempet peron. Jadi ada perbaikan dan terkendala disitu," jelasnya. (Panji Baskhara Ramadhan)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved