KPK Vs Polri

Alasan KPK Gugatan Praperadilan Komjen BG Bakal Ditolak Hakim

Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku optimis majelis hakim akan menolak permohonan kubu Budi Gunawan dalam praperadilan.

Alasan KPK Gugatan Praperadilan Komjen BG Bakal Ditolak Hakim
Kompas.com
Komisaris Jenderal Budi Gunawan hadir dalam sidang paripurna penetapan calon Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) di Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/1/2015). Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri meski Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi. 

WARTA KOTA, KUNINGAN—Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku optimis majelis hakim akan menolak permohonan kubu Budi Gunawan dalam perkara praperadilan. Hal itu berdasarkan proses persidangan yang telah dijalankan.

Salah satu Tim hukum KPK, Catharina Muliana Girsang mengatakan, salah satu alasan pihaknya tepat menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka adalah secara kolektif kolegial dalam undang-undang memungkinkan pimpinan tidak selalu harus lima orang.

"(Pembuktian kubu BG) tidak cukup bukti. Dan bukti yang diajukan bukan wewenang pengadilan untuk menilainya," kata Catharina di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (13/2/2015).

Catharina menuturkan, alasan yang menguatkan pihaknya adalah keterangan saksi ahli bahwa tidak ada keharusan tersangka dipanggil terlebih dahulu baru setelahnya status ditingkatkan. Menurutnya, para saksi ahli mengatakan di undang-undang tidak mempermasalahkan tersangka diperiksa belakangan setelah status ditetapkan.

"LHA (laporan hasil analisis) KPK jelas mempergunakan milik Budi Gunawan. Jadi beda dengan LHA-nya Polri," tuturnya.

Putusan sidang praperadilan Budi Gunawan akan dibacakan pada Senin (16/2/2015) oleh hakim tunggal Sarpin Rizaldi. Rencananya putusan akan dibacakan mulai pukul 09.00 WIB.

Penulis: M Zulfikar
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved