Jakarta Waspada Banjir

Warga dan Pemkot Jakpus Gelar Aksi Bersih-bersih

Hujan ternyata tak membuat aksi bersih-bersih ini tertunda

Warga dan Pemkot Jakpus Gelar Aksi Bersih-bersih
Dok. Humas Walkot Jakpus
Ratusan warga di delapan Kecamatan Jakarta Pusat (Jakpus), sekaligus Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jakpus, serempak melakukan aksi bersih-bersih yang di pusatkan Jalan Sabang, Kelurahan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (1/2). 

WARTA KOTA, MENTENG - Hujan yang terus mengguyur DKI Jakarta, khususnya kawasan Jakarta Pusat, diperkirakan akan berpotensi terjadinya banjir.

Maka dari itu, sejak pagi hari, sekitar pukul 07.00 WIB, warga di delapan Kecamatan Jakarta Pusat (Jakpus), sekaligus Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jakpus, serempak melakukan aksi bersih-bersih yang dipusatkan Jalan Sabang, Kelurahan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (1/2).

Hasil pengamatan wartakotalive.com, hujan terus mengguyur deras kawasan Jakpus. Hujan tersebut ternyata tak membuat aksi bersih-bersih ini tertunda, bahkan batal.

Aksi ini juga dihadiri Walikota Jakpus, Mangara Pardede, Asisten Lingkungan Hidup, Andi Eldi dan Asisten Perekonomian dan Administrasi, Sulastri Gultom, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Kota Administrasi Jakarta Pusat, Herning Wahyuningsih, Camat Menteng, Lilik Yuli Handayani, dan Lurah Kebon Sirih Rahmat Ismail.

Tak hanya itu, kerja bakti ini juga mengerahkan 150 personil dari petugas PU Tata Air, warga, serta para pedagang di Kawasan Sabang. Kegiatan yang diketahui bertujuan untuk mengantisipasi banjir dan menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan indah ini, diawali dengan menyemprotkan saluran dengan menggunakan selang Pemadam Kebakaran oleh Mangara sendiri.

Penyemprotan itu diketahui bertujuan agar sampah-sampah yang sebagai penyebab menghambatnya aliran air di saluran, dapat mengalir kembali. Tak hanya penyemprotan, para petugas dan warga saling bahu membahu dan mengangkut sampah-sampah yang menjadi biang banjir.

Saat itu, hujan yang cukup lebat tidak membuat surut semangat warga untuk melakukan kerja bakti di kawasan tersebut. Penuh semangat, warga bersama para pejabat di jajaran Pemkot Jakpus dan Kecamatan Menteng terus melakukan kerja bakti dengan antusias.

Menurut Sutimin (50), warga di Kawasan Menteng, mengakui adanya kerja bakti seperti ini, membuatnya tenang apabila hujan deras melanda Ibukota. Tak hanya itu, menurut dia kegiatan tersebut akan terasa manfaatnya apabila terus dirutinkan.

"Kalau kegiatan ini sering dilakukan sekali atau dua kali seminggu, hujan sederas apapun warga tak perlu khawatir lagi. Setidaknya, kegiatan ini juga bermanfaat untuk menjalin kekompakan warga dengan pemerintah," jelasnya.

Sepadan yang diucapkan Khusnul (40), warga di Kawasan Kebon Sirih, ia justru mengharapkan dan menghimbau agar warga di seluruh DKI Jakarta sadar akan kerugian dalam membuang sampah sembarangan.

Halaman
12
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help