KPK Vs Polri

Petani Indonesia Unjuk Rasa Dukung KPK

Masyarakat yang menilai KPK tengah dikriminalisasi turun ke jalan untuk memberikan dukungan kepada lembaga antirasuah tersebut.

Petani Indonesia Unjuk Rasa Dukung KPK
Wartakotalive.com/M Zulfikar
Masyarakat yang tergabung dalam Persatuan Pergerakan Petani Indonesia (P3i) berunjuk rasa mendukung langkah KPK, Rabu (28/1/2015). 

WARTA KOTA, KUNINGAN— Dukungan untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus mengalir. Masyarakat yang menilai KPK tengah dikriminalisasi turun ke jalan untuk memberikan dukungan kepada lembaga antirasuah tersebut.

Seperti yang terjadi di patung kuda, kawasan Monas, Jakarta Pusat, sejumlah orang yang tergabung dalam Solidaritas Save KPK menggelar aksi untuk memberi dukungan kepada Abraham Samad Cs. Aksi tersebut diikuti oleh para pria atau pemuda.

Erni Kartini, koordinator aksi mengatakan, aksi ini diikuti oleh masyarakat dari Persatuan Pergerakan Petani Indonesia. Menurutnya, saat ini P3I berada di 13 provinsi yang terdiri dari organisasi tani.

Menurutnya, adanya kasus KPK dan Polri ditandai dengan tindakan yang sangat terhina. Hal itu sangat tercederai dalam konteks struktur negara dimana dua kelembagaan penegak hukum yang seharusnya sangat berwibawa dan saling support justru ingin menggunakan cara-cara kriminalisasi.

"Ini merupakan sebuah keniscayaan yang sangat menciderai keadilan," kata Erni, Rabu (28/1/2015).

Erni menuturkan, praktek penyalahgunaan kewenangan kekuasaan tidak hanya berakibat pada para penguasa, tapi justru yang paling merasakan adalah masyarakat kecil. Menurutnya, rakyat memiliki impian, harapan dan kebanggan agar para penegak hukum harus berwibawa.

"Kami memohon pada presiden cabut dan ganti Kapolrinya. Presiden harus mendengarkan rakyat," tegasnya.

Penulis: M Zulfikar
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help