WartaKota/
Home »

Depok

Fasilitas Umum

April 2015 Perpustakaan Depok Dibuka untuk Umum

Gedung Perpustakaan Umum Kota Depok yang dilengkapi ruang teater, akan diresmikan bersamaan dengan HUT Kota Depok pada 27 April 2015.

April 2015 Perpustakaan Depok Dibuka untuk Umum
Warta Kota/jun mahares
Ilustrasi 

WARTA KOTA, DEPOK - Gedung Perpustakaan Umum Kota Depok yang dilengkapi dengan theater room atau ruang teater dan baru saja selesai dibangun akhir 2014 lalu, rencananya akan diresmikan bersamaan dengan HUT Kota Depok pada 27 April 2015 mendatang.

Setelah diresmikan, maka gedung perpustakaaan modern tiga lantai ini akan mulai dibuka untuk umum.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok, Kania Parwanti, selalu penanggung jawab pembangunan gedung kepada Warta Kota, Selasa (27/1/2015).

"Rencananya gedung diresmikan bersamaan dengan Hari Jadi Kota Depok. Setelah itu otomatis dibuka untuk umum," kata Kania.

Menurut Kania, jika nanti gedung perpustakaan itu diresmikan dan dibuka untuk umum mulai April 2015, maka gedung masih ada dibawah tanggung jawab Distarkim Depok.

"Sebab dengan begitu, maka masa pemeliharaan gedung akan sampai Juni. Jadi sampai Juni itulah, gedung masih dibawah tanggung jawab kami. Walaupun begitu, gedung sudah bisa dioperasikan dan ditempati oleh petugas Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok," kata Kania.

Kania mengatakan, setelah masa pemeliharaan sampai Juni 2015 selesai, maka pihaknya akan menyerahterimakan gedung ke Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Depok.
Setelah itu, katanya, DPPKA akan menyerahkannya kepada pengelola gedung yakni Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok.

Menurut Kania, gedung perpustakaan 3 lantai ini dibangun cukup modern dengan dilengkapi lift serta adanya room theater di lantai 3 serta ruang penitipan anak di lantai 2. Semua bagian gedung juga dilengkapi CCTV untuk keamanan.

Kania mengatakan, pembangunan gedung ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok Tahun 2014 sebesar Rp 26.378. 864.000.

Pada lantai 1 gedung, katanya, rencananya akan digunakan untuk aula. Sementara lantai 2 untuk perpustakaan berisi buku-buku umum dan lantai 3 untuk perpustakaan buku khusus serta ruang teater.

Cukup ideal untuk keamanan

Kepala Seksi Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, Imah Halimah, menuturkan, pihaknya sudah melakukan pengecekan ke setiap lantai serta fasilitas yang ada di gedung perpustakaan yang baru itu.
Di antaranya yakni ke ruang teater serta fasilitasnya. Ruang teater ini kata Imah akan digunakan untuk pemutaran film dokumenter dan pendidikan bagi masyarakat,

Selain itu, menurut Imah, pihaknya juga sudah mengecek ruang penitipan anak yang ada di lantai dua, serta ruang perpustakaan di lantai 2 dan 3 dan aula di lantai 1.

"Setiap lantai sudah kami cek dan semuanya dilengkapi CCTV. Ini cukup ideal untuk keamanan," kata Imah.

Imah mengatakan, pihaknya sudah mencoba ruang teater dengan melakukan pemutasan film beberapa saat. "Audio dan gambarnya bagus. Jadi kesimpulannya, semuanya sudah bisa dioperasikan dan dibuka untuk umum," kata Imah.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help