Indonesia Peringkat Ketiga Pada Kasus Kusta Baru

Indonesia menjadi negara ketiga dunia dengan kasus kusta terbanyak yakni 16.825 kasus kusta baru

Indonesia Peringkat Ketiga Pada Kasus Kusta Baru
istimewa
Kusta 

WARTA KOTA, JAKARTA - Indonesia menjadi negara ketiga dunia dengan kasus kusta terbanyak yakni 16.825 kasus kusta baru dengan angka kecacatan 6,82 per 1.000.000 penduduk.

Kasus baru penyakit yang disebabkan mycobacterium leprae yang menyerang kulit, saraf tepi, jaringan dan organ tubuh lain (kecuali otak) ini terbanyak ditemukan di  India (134.752 kasus) dan Brasil (33.303 kasus).

Meskipun tergolong ke dalam penyakit menular, kusta merupakan penyakit yang tidak mudah menular, karena diperlukan kontak erat secara terus menerus dan dalam waktu yang lama dengan penderita.
 
Penyakit kusta seringkali ditemukan terlambat dan sudah dalam keadaan cacat yang terlihat. Terdapat dua  tingkatan kecacatan penyakit kusta saat ditemukan, yaitu tingkat I dan II.

"Kecacatan tingkat I adalah cacat yang belum terlihat atau belum ada perubahan pada anatominya. Sementara kecacatan tingkat II adalah sudah terjadi perubahan yang nampak pada anatomi penderita kusta," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik drg. Murti Utami, MPH di Jakarta Sabtu (24/1/2015).

Dikatakannya, kecacatan yang nampak pada tubuh penderita kusta seringkali tampak menyeramkan bagi sebagian besar masyarakat sehingga menyebabkan perasaan jijik, bahkan ada yang ketakutan secara berlebihan terhadap kusta atau dinamakan leprophobia.

"Meskipun penderita kusta telah menyelesaikan rangkaian pengobatannya, dinyatakan sembuh dan tidak menular, status predikat penyandang kusta tetap dilekatkan pada dirinya seumur hidup," katanya.

Kondisi inilah yang seringkali menjadi dasar permasalahan psikologis para penyandang kusta. Rasa kecewa, takut, malu, tidak percaya diri, merasa tidak berguna, hingga kekhawatiran akan dikucilkan (self stigma).

"Hal ini diperkuat dengan opini masyarakat (stigma) yang menyebabkan penderita kusta dan keluarganya dijauhi bahkan dikucilkan oleh masyarakat," tuturnya.

Tags
kusta
kulit
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved