Vaksinasi Hewan di Jakarta Utara Gratis

Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Utara gencar memvaksinasi hewan peliharaan warga yang rentan menyebarkan virus rabies.

Vaksinasi Hewan di Jakarta Utara Gratis
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Utara, Kamis (22/1/2015), memvaksinasi hewan peliharaan warga yang rentan menyebarkan virus rabies. 

WARTA KOTA, KOJA - Guna mencegah penyebaran virus rabies yang ditularkan oleh Hewan Penular Rabies (HPR), Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Jakarta Utara gencar memvaksinasi hewan peliharaan warga yang rentan menyebarkan virus rabies. Hal ini guna menghindari penyebaran virus rabies yang ditularkan oleh Hewan Penular Rabies (HPR) seperti anjing, kucing, dan kera.

Kepala Seksi Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan, Kecamatan Koja, Liza Engalika, mengatakan vaksinasi dilakukan untuk mencegah berkembangnya virus rabies di wilayah Ibukota.
"Wilayah DKI Jakarta ini sudah sejak tahun 2004 dinyatakan bebas rabies, oleh sebab itu kami petugas di lapangan selalu rutin melakukan vaksinasi setiap tahunnya dengan sistem jemput bola (door to door)," ujar Liza pada Kamis (22/1/2015).
Liza mengatakan, dasar hukum dari pelaksanaan vaksinasi tersebut, mengacu pada Perda DKI Jakarta No. 11 Tahun 1995, tentang pengawasan hewan rentan rabies, serta pencegahan dan penanggulangan rabies.
"Warga pada umumnya sangat terbuka apabila kami melakukan vaksinasi, namun memang di beberapa komplek permukiman elit kami sering mengalami kesulitan untuk melakukan vaksinasi karena pemilik rumah tidak berada di tempat atau mereka menolak divaksinasi dan lebih memilih memvaksinasi hewannya sendiri," kata Liza.

Meski demikian, kata Liza, pihaknya akan terus berupaya memberi penyuluhan dan memvaksinasi hewan peliharaan masyarakat. Kegiatan ini pun, dijelaskannya, dilakukan tanpa dipungut biaya atau gratis.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved